Tiongkok Cairkan Dana US$ 4,498 Miliar Untuk Proyek Kereta Cepat

Ameidyo Daud Nasution
15 Mei 2017, 08:58
Jokowi di Tiongkok
ANTARA FOTO/Bayu Prasetyo
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping (kanan) saat pertemuan bilateral disela-sela menghadiri KTT One Belt One Road di Gedung Great Hall of the People, Beijing, Minggu (14/5).

China Development Bank (CDB) akhirnya berkomitmen mencairkan pinjaman senilai US$ 4,498 miliar ke PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC). Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) Hanggoro Budi Wiryawan dengan Direktur Utama CDB yakni Hu Huaibang.

"Kerja sama ini adalah fasilitasi proyek kereta cepat Jakarta - Bandung dengan nilai komitmen USD 4,498 miliar," demikian bunyi keterangan resmi Sekretariat Presiden, Senin (15/5).

Advertisement

Fasilitas pinjaman itu setara 75 persen dari kebutuhan pembiayaan proyek kereta cepat Jakarta - Bandung yang senilai US$ 6 miliar. Sementara sisanya, akan dikumpulkan melalui modal dari para pemegang saham dari kedua sisi, baik dari Indonesia maupun Tiongkok.

(Baca juga:  Lawatan ke Tiongkok, Jokowi Akan Tawarkan 5 Proyek Kereta)

Penandatanganan tersebut dilakukan usai pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di Great Hall of the People, Beijing, Tiongkok pada Minggu (14/5) sore. "Merupakan kehormatan bagi Indonesia untuk berpartisipasi dalam Belt and Road Forum for International Cooperation," ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Kepada Presiden Xi selaku selaku tuan, Presiden Jokowi meyakini jika inisiatif Belt and Road Forum akan lebih memperkokoh hubungan ekonomi antar kedua negara, terutama karena Indonesia memiliki fokus pada pembangunan infrastruktur, konektivitas dan poros maritim.

"Dan pada kesempatan yang baik ini saya ingin memanfaatkan Konferensi Tingkat Tinggi Belt and Road Forum untuk menciptakan momentum segar terutama untuk kerja sama RRT-Indonesia," ucap Jokowi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement