Pakai Motor Trail, Jokowi dan Jenderal Gatot Jajal Trans Papua

"TNI buka lahan dulu bangun badan jalan, PU lalu masuk untuk mengaspal," kata Jokowi.
Ameidyo Daud Nasution
10 Mei 2017, 20:55
Jokowi Papua
Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengendarai motor trail untuk menyusuri jalan Trans Papua, Rabu (10/5).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Gatot Nurmantyo serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjajal jalan Trans Papua. Ketiganya mengendarai motor trail di ruas Wamena - Mamugu 1, Kabupaten Jayawijaya.

Jokowi bersama sejumlah pejabat terkait lainnya bersepeda motor menyusuri jalan Trans Papua sepanjang 7 kilometer yang masih kasar. Dari foto yang diterima dari Sekretariat Kabinet, terlihat Jokowi memimpin rombongan dengan menggunakan motor trail berpelat nomor RI 1, sedangkan Gatot dan Basuki mendampingi di sampingnya.

Jokowi lalu menjelaskan alasannya menggunakan motor trail dalam menyusuri Trans Papua. Dirinya beralasan ingin mengetahui seberapa sulit proses yang dijalankan TNI serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam membangun Trans Papua. "Kelihatan jelas kesulitannya," kata Jokowi sebagaimana dikutip dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Rabu (10/5).

(Baca juga: Tahap Awal Proyek Listrik 35 Ribu MW di Papua Selesai September)

Presiden mengatakan dengan ketinggian proyek mencapai 3.200 meter di atas permukaan laut, kerja TNI dan petugas sipil dari Kementerian PUPR pantas diapresiasi. "TNI buka lahan dulu bangun badan jalan, PU lalu masuk untuk mengaspal," katanya.

Jokowi juga mengatakan dari total 4.300 kilometer, sepanjang 3.800 kilometer jalan Trans Papua telah berhasil dibuka oleh TNI. Sedangkan khusus untuk ruas Wamena ke Kenyam sepanjang 287 kilometer baru teraspal 37 kilometer. "Tapi tetap akan selesai 2019," katanya.

Selain menelusuri Trans Papua, Jokowi juga menghadiri beberapa proyek yang telah rampung di Papua seperti pasar Mama-mama di Jayapura. Lalu ada peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) 74 kilowatt di Lanny Jaya, PLTMH Tolikara 136 kilowatt, serta Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Papua dan Papua Barat.

(Baca juga:  Bagi-bagi Sertifikat, Jokowi Kenang Masa 9 Tahun Kontrak Rumah)

Selain proyek yang rampung, Jokowi juga menghadiri groundbreaking proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas MPP Jayapura berdaya 50 megawatt. Untuk proyek non kelistrikan, Jokowi juga mendatangi Pos Lintas Batas Negara Skouw.

Adapun sebelum meluncur ke Papua, Jokowi mengunjungi Provinsi Maluku Utara untuk meresmikan tiga pelabuhan yaknia pelabuhan Wayabuka, pelabuhan Tapaleo, serta pelabuhan Bicoli.

Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait