PLN Akan Beli Listrik dari Pembangkit Milik Medco dan Toba Bara

Ameidyo Daud Nasution
7 April 2017, 19:55
PLTU Suralaya
Arief Kamaludin|KATADATA

PT PLN (Persero) melakukan penandatanganan kontrak jual-beli listrik swasta (Power Purchase Agreement/PPA) dengan dua perusahaan swasta. Kontrak pertama adalah dengan PT Medco Ratch Power Riau untuk pembangunan PLTGU Riau 275 Megawatt (MW). Sementara yang kedua dengan PT Minahasa Cahaya Lestari untuk pembangunan PLTU Sulut-3 kapasitas 2 x 50 MW.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PLN, Sofyan Basir bersama dengan dua Direktur pengembang proyek, di Kantor Pusat, Jakarta. "IPP (Independent Power Producer) ini merupakan yang pertama ditandatangani tahun ini. Mudah-mudahan dalam bulan-bulan ke depan juga akan diikuti oleh yang lain," kata Direktur Pengadaan PLN, Supangkat Iwan Santoso, dalam sambutannya, Jakarta, Jumat (7/4).

Advertisement

PT Minahasa Cahaya Lestari merupakan perusahaan patungan antara anak usaha Toba Bara Sejahtra yakni Toba Bara Energi (90 persen saham) dengan Sinohydro Corporation Limited (10 persen saham). Toba Bara sendiri merupakan emiten tambang batu bara milik Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

(Baca juga: BPK Temukan Penyimpangan dan Kerugian Pembangkit Mangkrak)

Adapun Medco Ratch Power merupakan perusahaan patungan antara PT Medco Power Indonesia (51 persen saham) dengan Ratchaburi Electricity Generating Holding PCL (49 persen saham).

Setelah proses penandatanganan kontrak, Supangkat meminta pihak swasta segera mempersiapkan proses financial closing. "Yang juga rumit adalah eksekusi proyek hingga selesai tepat waktu," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement