Pemerintah Tawarkan 4 Proyek Waduk Senilai Rp 4,5 Triliun ke Tiongkok

Ameidyo Daud Nasution
7 April 2017, 15:15
Bendungan
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Bendungan Colo, Nguter, Sukoharjo.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menawarkan kerjasama pembangunan empat waduk senilai Rp 4,5 triliun ke Tiongkok. Penawaran ini disampaikan melalui Menteri Sumber Daya Air (SDA) Tiongkok Chen Lei  lantaran pemerintah melihat adanya potensi waduk tersebut untuk dijadikan pembangkit listrik.

“Pengelolaan SDA di Tiongkok hampir sama dengan Indonesia, namun mereka sudah memiliki tujuh pengelolaan seperti Perum Jasa Tirta (PJT) di sini, kita baru dua yakni PJT 1 Brantas dan PJT 2 Jatiluhur,” kata Basuki seperti dikutip dalam keterangan resmi Kementerian PUPR, Jumat (7/4).

Keempat proyek yang ditawarkan yaitu, Waduk Pelosika di Sulawesi Tenggara, Waduk Rokan Kiri (Lompatan Harimau) di Riau, Waduk Jenelata di Sulawesi Selatan, dan Waduk Riam Kiwa di Kalimantan Selatan.

(Baca juga: Jokowi: Pembangunan Waduk Sei Gong di Batam Bisa Dipercepat)

Waduk Pelosika ditargetkan akan menyediakan air untuk mengairi daerah irigasi mencapai 16.358 hektare serta menyediakan air baku hingga 0,2 m3 per detik. Waduk di Sulawesi Tenggara tersebut juga memiliki potensi pembangkit tenaga listrik mencapai 21 megawatt (MW).

Sedangkan Waduk Rokan Kiri atau biasa disebut Waduk Lompatan Harimau akan bermanfaat untuk mengaliri daerah irigasi seluas 4.000 hektar, menjadi sumber air baku, pengendali banjir dan pembangkit listrik dengan kapasitas mencapai 74,40 MW.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...