Demi Jual iPhone 7 di Indonesia, Apple Investasi Rp 585 Miliar

Pingit Aria
30 Maret 2017, 18:20
iphone apple
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menerima perwakilan Apple di kantornya, hari Kamis ini. Pertemuan sekitar satu jam itu membahas realisasi investasi Apple agar bisa memenuhi tingkat kandungan lokal iPhone dan rencana penjualannya di Indonesia.

“Pertemuan ini dalam rangka membahas realisasi investasi Apple, iOS App Research and Development Center di Indonesia,” kata Airlangga usai pertemuan, kamis (30/3).

Adapun perwakilan Apple yang datang di antaranya adalah Director Apple for South Asia, Miche Coulomb; Commercial Strategy Apple for South Asia, Australia and New Zealand, Jean-Christophe Lebraud; dan Manager Government Affairs Apple Indonesia, Mirza Natadisastra.

(Baca juga: Orang Kaya Dunia Bertambah, Didominasi Bos Perusahaan Teknologi)

Airlangga menjelaskan, Apple telah berkomitmen membangun pusat inovasi senilai US$ 44 juta atau sekitar Rp 585 miliar (kurs  Rp 13.300 per dolar AS) di Indonesia. Ini merupakan langkah Apple untuk memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 30 persen untuk gawai pada jaringan 4G.

Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 65 Tahun 2016 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Telepon Seluler, Komputer Genggam (Handheld), dan Komputer Tablet.

Peraturan ini pula yang membuat Apple absen memasarkan model iPhone 6s, iPhone SE di Indonesia. Bahkan, rilis iPhone 7 pun terlambat karena di Negara asalnya, produk ini telah dipasarkan sejak September 2016.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...