PLN Prioritaskan Pembangkit Listrik Tenaga Gas di Papua dan Maluku

Miftah Ardhian
17 Maret 2017, 19:45
Pembangkit Listrik
Arief Kamaludin|KATADATA

PT PLN (Persero) akan memprioritaskan pembangunan pembangkit listrik tenaga gas di wilayah Papua. Alhasil, perusahaan pelat merah ini akan mengevaluasi seluruh rencana pembangunan pembangkit di wilayah Timur Indonesia tersebut.

Direktur Pengadaan PLN Supangkat Iwan Santoso mengatakan, rencana ini memang utamanya akan dilakukan di Papua, tetapi mungkin juga akan diberlakukan di Maluku. Menurutnya, PLN harus menghitung secara cermat biaya produksi listrik di daerah tersebut.

Menurut perkiraannya, gas merupakan sumber energi yang tepat untuk mengoperasikan pembangkit listrik di Papua dan Maluku. "Yang sudah ada tidak diubah, tetap beroperasi. Yang belum (beroperasi), kami kaji untuk dialihkan ke gas," ujar Iwan saat ditemui di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (17/3).

(Baca juga: Dikawal Kejaksaan, PLN Teken 16 Proyek Listrik Rp 21,1 Triliun

Menurut Iwan, penggunaan gas di dua wilayah tersebut lebih efisien. Sebab, terdapat sumber gas yang cukup besar yakni di Tangguh atau Bontang.

"Jadi, gas misalnya 30 ribu meter kubik dari Bontang atau Tangguh diangkut pakai kapal besar, mengisi hub, kemudian dibawa ke pembangkit-pembangkit pakai kapal kecil. Karena teknologinya sudah ada, akan semakin murah," ujarnya.

Grafik: Bauran Energi Primer Indonesia (2016)
Bauran Energi Primer Indonesia (2016)

Sementara, Ia menjelaskan, saat ini pembangkit di dua wilayah tersebut masih didominasi tenaga uap yang berbahan bakar batu bara. Kondisi ini dinilai kurang efisien karena kapasitas pembangkitnya masih sangat kecil-kecil.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...