Bantah Kabinet Pecah soal Dirut Pertamina, Luhut: Kita Sepaham

Ameidyo Daud Nasution
16 Maret 2017, 17:01
Sertijab Menteri ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA
Serah terima jabatan Menteri ESDM dari Luhut Binsar Pandjaitan kepada Ignasius Jonan di Gedung Kementerian ESDM, Senin (17/10/2016)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyambut baik penunjukan Elia Massa Manik sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero) yang baru. Ia pun menepis kabar adanya perbedaan pendapat di antara anggota kabinet terkait penunjukan nakhoda baru Pertamina tersebut.

Luhut menilai Elia merupakan ahli di bidang restrukturisasi korporasi. Ia mengacu kepada pengalaman Elia saat memimpin PT Elnusa Tbk dan PT PTPN III Holding Perkebunan. "Dia juga tegas, kita lihat saja nanti hasilnya," katanya di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (16/3).

Menurut Luhut, Elia harus dapat melakukan sejumlah perubahan di Pertamina, mulai dari penghematan serta efisiensi. Ia pun berharap penggunaan konten lokal di Pertamina dapat menjadi fokus kerja ke depan. (Baca juga:  Jadi Dirut Pertamina, Elia Massa: Saya Diberitahu Menteri BUMN)

Di sisi lain, Luhut membantah kabar adanya perbedaan pendapat di anggota kabinet terkait penunjukan Elia sebagai Direktur Utama Pertamina. Ia menegaskan pemerintah sepaham dalam memutuskan sesuatu dan tidak ada penolakan.

Luhut pun menepis kabar adanya penolakan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan terhadap penunjukan Elia. "Sepaham lah, kenapa kita harus tidak sepaham," ujarnya.

Grafik: Pendapatan dan Laba Pertamina 2013-2016

(Baca juga:  Tenggat 3 Bulan, Elia Minta Direksi Pertamina Bebas Kepentingan)

Di tempat yang sama,  Jonan malah bungkam ketika ditanya tanggapannya mengenai penunjukan Elia. Ia hanya berlalu sembari melambaikan tangannya.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...