Pembayaran Tol Non-Tunai, Jasa Marga Pastikan Tak Ada PHK

Ameidyo Daud Nasution
16 Maret 2017, 09:27
Antre Gerbang Tol
ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Sejumlah kendaraan antre memasuki gerbang tol Cibubur di jalan tol Jagorawi, Jakarta Timur, Rabu (15/3). Data Ditlantas Polda Metro Jaya menunjukkan pertumbuhan kendaraan bermotor yang mencapai 7 persen hingga 9 persen per tahun menjadi salah satu penyeba

Pemerintah berencana memberlakukan pembayaran nontunai pada semua pintu tol di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Selanjutnya, program ini akan diperluas hingga seluruh Indonesia. Lalu bagaimana nasib para pekerja penjaga pintu tol?

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) operator jalan tol yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan tak akan ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Meski, kemungkinan akan perubahan struktur pekerja.

“Hanya perbandingannya saja beda, tapi tidak berarti akan ada PHK," Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani dalam konferensi pers Jasa Marga di Jakarta, Rabu (15/3).

(Baca juga: Tahun Ini, Pemerintah Wajibkan Bayar Non-Tunai di Semua Pintu Tol)

Desi cukup optimistis dapat menghindari PHK, sebab perseroan akan mengoperasikan sekitar 667 kilometer tol baru pada tahun 2019. Menurutnya, gerbang tol otomatis tak serta-merta menghilangkan kebutuhan akan pekerja.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...