Jokowi Akan Bertemu Presiden Afrika Selatan dan Sri Lanka di Istana

Pingit Aria
8 Maret 2017, 09:42
Presiden Joko Widodo (kanan) menyambut Deputi Perdana Menteri Singapura Teo Chee Hean
ANTARA FOTO/IORA SUMMIT 2017/Rosa Panggabean

Hari ini Presiden Joko Widodo dijadwalkan bertemu dengan Presiden Afrika Selatan dan Sri Lanka. Pertemuan akan digelar terpisah di Istana Merdeka.

Kedua pertamuan bilateral ini merupakan kelanjutan dari agenda Koferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA) yang ditutup kemarin. Belum diketahui apa pokok bahasan kedua pimpinan negara tersebut saat bertemu Jokowi nanti.

Advertisement

Di sela KTT IORA, Jokowi banyak berbincang dengan sejumlah pemimpin negara. Di antaranya seperti Perdana Menteri Australia Malcom Turnbull, Presiden Yaman Abdur Rabbuh, Perdana Menteri Malaysia Nadjib Tun Razak, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dan tujuh kepala negara lainnya.

(Baca juga:  Di KTT IORA, Jokowi Serukan Internasionalisme Bung Karno)

Sementara, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga bertemu dengan perwakilan Tanzania, Somalia, dan India. Ketiganya mengundang pemerintah Indonesia untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Negara masing-masing.

“Kita juga banyak pembicaraan-pembicaraan tentang kemungkinan hubungan ekonomi, investasi. Justru mereka minta supaya kita datang ke negara mereka seperti Tanzania, Somalia, dan India,” kata JK di sela-sela KTT IORA, Selasa (7/3).

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement