Jokowi Teken 9 Komitmen Jakarta Concord di KTT IORA

Image title
7 Maret 2017, 18:25
IORA
ANTARA FOTO/IORA SUMMIT 2017/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo bersama para pemimpin negara anggota IORA.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan 20 pemimpin negara anggota Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA) menandatangani Jakarta Concord dan IORA Action Plan 2017-2021. Kedua dokumen ini merupakan bentuk komitmen mewujudkan kawasan yang aman sebagai prasyarat kerjasama berbagai bidang di kawasan lingkar Samudera Hindia.

“Satu hal yang jadi keinginan bersama, menciptakan Samudera Hindia menjadi kawasan yang aman dan damai,” kata Presiden dalam konferensi pers penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) IORA di Jakarta, Selasa (7/3).

Jakarta Concord dan IORA Action Plan 2017-2021 meliputi sembilan komitmen.  Kesembilan komitmen itu mencakup: keamanan maritim, meningkatkan perdagangan dan investasi, pengelolaan laut berkelanjutan, kerjasama dalam mitigasi bencana alam, kerjasama ilmu pengetahuan dan teknologi, pertukaran budaya dan pariwisata, memajukan blue economy, pemberdayaan ekonomi perempuan, dan peningkatan hubungan kelembagaan. 

(Baca juga:  Di KTT IORA, Jokowi Serukan Internasionalisme Bung Karno)

Jokowi mengatakan, penyelenggaraan KTT IORA sebagai langkah strategis dan progresif untuk mendorong percepatan kerjasama intra IORA. Tujuannya, agar dapat menghadapi tantangan global masa kini dan masa depan yang timbul di kawasan Lingkar Samudera Hindia.

Para pemimpin negara anggota IORA berkomitmen untuk menegakan hukum internasional, termasuk UNCLOS 1982 (United Nations Convention on the Law of the Sea of 10 December 1982) sebagai konstitusi dunia di sektor maritim. Kepatuhan terhadap hukum internasional merupakan jaminan untuk menciptakan kondisi samudera yang aman.

Grafik: Nilai Ekspor Non Migas Indonesia ke Negara-negara IORA

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...