Jokowi Akan Buka Forum IORA, Seberapa Besar Dibanding APEC?

Pingit Aria
6 Maret 2017, 12:28
jokowi
Arief Kamaludin (Katadata)

Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Indian Ocean Rim Association (IORA) Bussiness Summit di Jakarta hari ini. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyebutnya sebagai forum yang sangat penting.

“Kawasan ini adalah masa depan ekonomi dunia,” katanya, Senin (6/3).

Advertisement

IORA, sama seperti Asia - Pasific Economic Cooperation (APEC) merupakan kemitraan ekonomi yang dijalin oleh Negara-negara dengan dua samudera besar sebagai pengikatnya. Sementara Negara-negara anggota IORA mengelilingi Samudera Hindia, Negara-negara anggota APEC ada di sekitar Samudera Pasifik. Jumlah anggota kedua organisasi ini pun sama-sama 21 negara.

Kemitraan APEC sudah lebih senior karena terbentuk sejak 1989, sementara IORA baru ada pada 1997. Selain itu, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang mempertemukan para kepala Negara APEC digelar tiap tahun sejak berdirinya. Sementara, KTT IORA baru kali ini digelar, meski pertemuan tingkat menteri telah beberapa kali terlaksana.

"IORA adalah kekuatan geopolitik dan geoekonomi yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal,” kata Enggar.

(Baca juga: Indonesia Ingin Pimpin Negara-Negara Kawasan Samudera Hindia)

Ia menyebut, potensi ekspor di pasar Afrika mencapai US$ 550 miliar pada 2016, namun realisasi ekspor Indonesia baru mencapai US$ 4,2 miliar. Demikian juga potensi ekspor ke pasar Timur Tengah yang mencapai US$ 975 miliar, namun baru terealisasi US$ 5 miliar.

Tahun lalu, nilai total perdagangan Indonesia dengan Negara-negara IORA sebesar US$ 82,57 miliar. Angka itu masih jauh tertinggal dibandingkan ekspor – impor Indonesia dengan Negara-negara anggota APEC yang mencapai US$ 206,23 miliar.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement