Jokowi Tunjuk Jusuf Kalla Mengurus Persiapan Asian Games 2018

Sementara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan ditugasi menyiapkan International Monetary Fund (IMF) - World Bank Annual Meeting 2018.
Ameidyo Daud Nasution
2 Maret 2017, 12:47
Jokowi Kalla
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi Ketua Pengarah Asian Games 2018. Ajang olahraga terbesar Asia itu akan digelar di Jakarta dan Palembang.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan ditugasi menyiapkan International Monetary Fund (IMF) - World Bank Annual Meeting 2018. “Saya kira dua keputusan itu yang perlu saya sampaikan hari ini,” kata Jokowi dalam pembukaan Rapat Terbatas soal Asian Games 2018 di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/3).

(Baca juga: Jokowi: Saatnya Pengusaha Pakai Dana Repatriasi untuk Investasi)

Sebelumnya dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Keppres Nomor 13 Tahun 2015 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 tercantum bahwa Presiden merupakan Ketua Pengarah helatan akbar tersebut.

Jokowi mengaku belum menyampaikan keputusannya itu pada Kalla. "Memang saya belum sampaikan kepada Wakil Presiden," kata Jokowi.

Jokowi meminta dua perhelatan ini dipersiapkan secara detail dan rinci. Dirinya juga meminta kontrol dilakukan minimal satu kali sebulan. Jokowi khawatir apabila tidak diawasi betul, maka persiapan dua helatan ini akan tidak maksimal lantaran waktu yang semakin dekat. "Saya takut waktu yang sudah mepet akan membuat kita kejar-kejaran," katanya.

(Baca juga: Setelah Raja Salman, Jokowi Akan Terima Kunjungan Presiden Prancis)

Apalagi dua acara ini merupakan acara besar yang melibatkan banyak partisipan. Jokowi menyebut untuk Asian Games kemungkinan akan melibatkan 33 ribu atlet, sedangkan pertemuan IMF serta Bank Dunia akan diikuti 15 ribu peserta.

"Di sisi lain dua perhelatan ini baik bagi kita dalam membangun persepsi, image dan brand negara," katanya.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait