Dana Saudi Rp 13,3 Triliun dalam 11 Kesepakatan Jokowi - Raja Salman

Yang terbesar bernilai Rp 13,3 triliun.
Ameidyo Daud Nasution
1 Maret 2017, 19:49
raja salman
Rusman/Biro Set Pres
Presiden Joko Widodo menemani Raja Salman dari Arab Saudi saat di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu, (1/3).

Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi menandatangani sebelas Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman. Penandatanganan kerjasama dalam berbagai bidang itu disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud di Istana Bogor.

Salah satu yang bernilai paling besar adalah kerjasama adalah antara The Saudi Fund for Development dengan Kementerian Keuangan senilai US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 13,3 triliun. “Itu salah satu yang ditandatangani,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/3).

(Baca juga: Dua Alasan Jokowi Memandang Istimewa Arab Saudi)

Sedangkan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Nizar bin Obaid Madani mengatakan kerjasama ini sangat penting dalam peningkatan hubungan bilateral kedua negara. Dirinya juga mengatakan Raja Salman sendiri saat ini mengakui kemajuan pembangunan di Indonesia.

"Kedua pemimpin juga telah melakukan berbagai pembicaraan baik politik maupun ekonomi," kata Nizar.

Adapun 11 nota kesepahaman tersebut adalah :

  1. The Saudi Fund for Development dengan Kementerian Keuangan senilai US$ 1 miliar.
  2. Nota kesepahaman antara Kementerian Luar Negeri RI dengan pemerintah Kerajaan Arab Saudi tentang peningkatan sidang komisi bersama.
  3. Nota kesepahaman antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan Kementerian Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi di bidang kebudayaan.
  4. Nota kesepahaman antara Kementerian Kesehatan RI dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi di bidang kesehatan.
  5. Nota kesepahaman antara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Otoritas Usaha Kecil dan Menengah Arab Saudi di bidang pengembangan UKM.
  6. Nota kesepahaman antara Kementerian Perhubungan RI dengan Arab Saudi di bidang aeronautika.
  7. Nota kesepahaman antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI dengan Arab Saudi di bidang kerjasama kelautan dan perikanan. (Baca juga: Raja Salman Menginap di Hotel Raffles, Sebagian Dimiliki Keponakannya)
  8. Nota kesepahaman antara Kementerian Agama RI dengan Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Arab Saudi di bidang urusan agama Islam.
  9. Kerjasama antara Kementerian Perdagangan RI dengan Kementerian Perdagangan dan Investasi Arab Saudi.
  10. Kerjasama antara Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi dalam hal pemberantasan kejahatan.
  11. Kerjasama Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan Kementerian Pendidikan Arab Saudi dalam hal ilmu pengetahuan dan pendidikan tinggi.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait