Raja Salman dan 16 Pangeran Akan Tanam Pohon di Istana Bogor

Raja Salman dan Jokowi juga akan menyaksikan penandatanganan 10 nota kesepahaman di Istana Bogor.
Ameidyo Daud Nasution
1 Maret 2017, 14:19
Persiapan Kedatangan Raja Salman
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Anggota TNI AD Yon Armed-7/105 GS Bekasi memepersiapkan meriam kaliber 75 mm saat uji coba di Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (25/2). Enam meriam jenis Saluting buatan Rusia disiapkan untuk menyambut kedatangan Raja Arab Saudi, Raja Salman Bin Abdul Aziz Al

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud tiba di Istana Bogor pada pukul 13.15 Waktu Indonesia Barat. Setelah itu, ia akan melangsungkan acara kenegaraan bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga pukul 16.45.

Raja Salman akan masuk gerbang utama Istana Bogor pada pukul 13.00 dengan pengawalan penuh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) serta pengawal dari Arab Saudi.

Setelahnya mobil akan berjalan pelan hingga berhenti di gedung induk bagian kanan Istana Bogor dan langsung disambut oleh Jokowi. Setelahnya kedua Kepala Negara akan berjalan meninjau pasukan dan dilanjutkan dengan berkeliling bundaran Istana Bogor dengan menggunakan mobil golf yang dikendarai Jokowi.

(Baca juga:  Hari Pertama, Ada Empat Agenda Raja Salman di Istana Bogor)

Di acara ini, akan ada penanaman pohon yang akan dilaksanakan Raja Salman beserta 16 pangeran di halaman belakang Istana Bogor. Raja Salman sendiri akan menanam pohon Kayu Besi, sedangkan para pangeran akan menanam pohon kenari.

“Selama di Istana Bogor, selain membicarakan hubungan bilateral, Raja Salman diagendakan akan melakukan sejumlah aktivitas lainnya. Satu di antaranya melakukan penanaman pohon di area Istana Bogor,” ujar Staf Protokoler Istana Bogor, Cecep Koswara (1/3).

Usai berkeliling, Jokowi serta Raja Salman akan berhenti di sayap kanan Istana Bogor lalu masuk untuk mengisi buku tamu. Keduanya lalu melanjutkan kegiatan dengan perbincangan di beranda Istana yang langsung menghadap Kebun Raya Bogor dan diakhiri dengan makan siang bersama.

(Baca juga: Setelah Raja Salman, Jokowi Akan Terima Kunjungan Presiden Prancis)

Setelah jamuan siang, Jokowi serta tamunya tersebut akan melakukan perundingan bilateral dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antar kedua negara.

Ada 10 nota kesepahaman yang akan diteken. Di antaranya ada keamanan, islamic affair, kesehatan, kebudayan, pendidikan, perikanan, Pengembangan Usaha Kecil dan Mengengah (UKM), dan penerbangan sipil.

Acara dilanjutkan dengan penganugerahan Bintang Republik Indonesia Adipurna yakni penghargaan kelas I yang akan diberikan langsung oleh Jokowi kepada Raja Salman. Raja Salman dijadwalkan bertolak dari Istana Bogor pada pukul 16.45 atau 17.00 menuju Jakarta.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait