Bulog Siapkan Rp 30 Triliun untuk Serap Gabah Petani

Pingit Aria
24 Februari 2017, 11:41
Panen Padi Donang Wahyu | KATADATA
Panen Padi Donang Wahyu | KATADATA
Panen Padi Donang Wahyu | KATADATA

Bulog menyiapkan anggaran Rp 30 triliun untuk menyerap gabah dan beras dari petani. Perusahaan pelat merah ini optimistis dapat mencapai target pemerintah yakni penyerapan 4 juta ton gabah setara beras dalam 6 bulan. 

"Kami siap dengan anggaran lebih dari Rp 30 triliun untuk beras dan gabah," ujar Direktur Pengadaan Bulog, Tri Wahyudi Saleh saat dihubungi, Jumat (24/2).

Menurutnya, penyerapan harus dilakukan lebih cepat karena harga gabah di tingkat petani turun karena cuaca hujan dan produksi yang melimpah. Saat ini, di beberapa daerah harga gabah sudah jatuh hingga kisaran Rp 2.800 per kilogram jika dijual ke tengkulak. Sementara, Bulog tetap berpatokan pada Harga Pembelian Pemerintah (HPP) Rp 3.700 per kilogram.

(Baca juga: Harga Jatuh, Bulog Diminta Serap Gabah Basah)

Tri mengatakan, sepanjang Januari-Februari 2017, Bulog telah menyerap 60 ribu ton Gabah Kering Panen (GKP) atau setara 30 ribu ton beras. Angka tersebut naik dibandingkan tahun lalu di mana pada Januari 2016 hanya 600 ton gabah yang terserap. 

"60 ribu ton gabah dikali harga Rp 3.700 per kilogram, jadi Rp 220 miliar lebih yang sudah kami alokasikan kemarin," tuturnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...