Pemerintah Salurkan Beras dan Gula Subsidi Lewat Kartu di 44 Kota

Pingit Aria
14 Februari 2017, 13:18
Jokowi Sidak Gudang Bulog
Kris | Biro Pers Sekretariat Presiden

Pemerintah akan memulai penyaluran bantuan berupa beras dan gula melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sela acara pengiriman bantuan 5 ribu ton beras ke Sri Lanka dari gudang Bulog, Kelapa, Gading, Jakarta.

Untuk tahap awal, penyaluran bantuan nontunai melalui kartu ini akan dilakukan di 44 kota. “Kalau program ini lancar nanti bisa berlanjut ke kota lainnya,” kata Jokowi seperti dikutip dalam laman Sekretaris Kabinet, Selasa, 14 Februari 2017.

Advertisement

Jokowi memastikan bantuan pemerintah yang akan didistribusikan ini berkualitas baik. Nantinya masyarakat kurang mampu pemilik KKS dapat menebus beras seharga Rp 8.500 per kilogram, dan gula Rp 12.500 per kilogram.

(Baca juga:  Pecah Kendi, Jokowi Kirim Bantuan 5 Ribu Ton Beras ke Sri Lanka)

Nilainya lebih murah ketimbang harga rata-rata nasional beras medium yang saat ini menurut pantauan Kementerian Perdagangan ada di kisaran Rp 10.658 per kilogram. Sementara harga rata-rata gula di pasaran mencapai Rp 13.802 per kilogram.  

Semua beras dan gula bantuan tersebut, menurut Jokowi, kini telah disiapkan dalam bentuk kemasan. Untuk beras akan dijual dalam kemasan 5 kilogram dengan merek “Beras Kita”. Sementara gula dikemas per 1 kilogram dengan cap “Manis Kita”.

Grafik: Persentase Penerimaan Beras Miskin Nasional

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement