Kemenhub Ingin Kembangkan Transportasi Kanal dan MRT Jakarta

Miftah Ardhian
10 Februari 2017, 13:04
Pembangunan MRT
Arief Kamaludin|KATADATA
Hemin (30 tahun), bekerja mengecat pipa di terowongan bawah tanah, yang merupakan bagian dari proyek pembangunan kereta massal atau Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu (14/12).

Pemerintah melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) tengah melakukan revisi atas Proyek Strategis Nasional (PSN). Pada komite ini, Kementerian Perhubungan mengusulkan sedikitnya enam tambahan proyek.

Dua di antara proyek yang diajukan itu berada di Jakarta yakni Inland Water Way dan Mass Rapid Transit (MRT) East-West. Sementara empat proyek lainnya meliputi Kereta Api Jogjakarta-Kulon Progo, Kereta Semi-Cepat Jakarta-Surabaya, Pelabuhan Patimban dan Kereta Api di Medan.

Advertisement

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, Inland Water Way merupakan proyek yang akan dikerjakan oleh PT Pelindo II (Persero). Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa proyek ini bisa dikerjasamakan dengan pihak asing melalui Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

(Baca juga: 13 Jalan Tol Masuk Daftar Tambahan Proyek Strategis Nasional)

“Proyek ini sendiri bertujuan untuk mengoptimalkan potensi jalur kanal sungai sebagai alternatif transportasi logistik,” kata Budi Karya saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (10/2).

Optimalisasi transportasi kanal ini akan menghubungkan area Pelabuhan Tanjung Priok dengan area hinterland. Proyek ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan arus logistik jalur darat dari kawasan industri Cikarang dan Karawang menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

Grafik: Hambatan Pembangunan Proyek Strategis Nasional
Hambatan Pembangunan Proyek Strategis Nasional

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement