Kementerian Energi Siap Lelang Tiga Klaster Kilang Mini Tahun Ini

Ameidyo Daud Nasution
8 Februari 2017, 18:17
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menargetkan tiga klaster kilang mini yang akan selesai dilelang pada tahun ini. Saat ini proses lelang telah berjalan di satu klaster, sementara dua lainnya akan menyusul.

“Target kita tiga dulu untuk tahun ini,” kata Direktur Pembinaan Usaha Hilir Kementerian ESDM Setyorini Tri Hutami di sela pameran Indogas di JCC, Jakarta, Rabu (8/2).

Kilang mini yang telah mulai dilelang adalah klaster VIII di Maluku. Namun Setyorini masih merahasiakan letak dua klaster lainnya.

(Baca juga: Lima Perusahaan Lolos Kualifikasi Lelang Proyek Kilang Mini di Maluku)

Ia mengatakan bahwa klaster VIII akan dijadikan percontohan agar pemerintah tahu bagaimana mengimplementasikan proyek kilang mini. Dirinya mengatakan sudah ada lima perusahaan yang telah lolos tahap kualifikasi dari total tujuh pendaftar.

Kelima perusahaan tersebut adalah PT Alam Bersami Sentosa, PT Tri Wahana Universal, KSO PT Remaja Bangun Kencana Kontraktor- Changling Petrochemical Engineering Design Co Ltd. Ada juga PT Aliansi Lintas Teknologi, serta dan KSO PT Harmoni Drilling Services- Oceanus Co Ltd.

Dirinya menargetkan dalam dua bulan ke depan paling tidak akan ketahuan siapa pemenang lelang ataupun proses seleksi yang dilakukan Kementerian ESDM. Untuk saat ini kelimanya telah mengambil dokumen seleksi proyek.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...