Jamaah Haji dan Umroh Dorong Ekspor Rempah ke Arab

Pingit Aria
6 Februari 2017, 10:04
Peti Kemas Ekspor
Arief Kamaludin | Katadata
Peti Kemas Ekspor | KATADATA

Komoditas bahan makanan dan minuman, khususnya rempah-rempah, mempunyai pangsa yang sangat besar di Arab Saudi. Ekspor rempah ke Negeri para mullah didorong oleh banyaknya jamaah haji dan umroh yang tetap ingin menikmati cita rasa Indonesia meski sedang jauh dari Tanah air.

“Negeri pada mullah harus mencukupi kebutuhan jamaah haji dan umroh yang selalu datang dalam jumlah besar setiap tahun,” kata Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah Gunawan melalui surat elektronik, Senin, 6 Februari 2017.

Advertisement

Gunawan menambahkan, pada 2015, ekspor rempah-rempah Indonesia ke Arab Saudi sampai Oktober mencapai US$ 7,72 juta. Pada bulan yang sama di 2016, ekspornya melebihi target penjualan 2015 dengan capaian senilai US$ 9,04 juta atau meningkat sebesar 17,09 persen.

(Baca juga: Industri Makanan dan Minuman Ditargetkan Tumbuh Stabil 8-9 Persen)

Sementara itu, Konsul Jenderal Indonesia untuk Jeddah Muhamad Hery Saripudin menyampaikan, ada 4 (empat) hal yang harus dipenuhi agar komoditas nonmigas Indonesia, khususnya bahan makanan dan minuman, dapat berkompetisi di Arab Saudi. Keempat hal tersebut yaitu harga yang kompetitif, kecukupan suplai, lulus uji Saudi Accreditation and Standardization Organization (SASO) dan Saudi Food and Drug Authority (SFDA). “Serta yang pasti memenuhi persyaratan produk halal,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement