Menkominfo: Tak Ada Lembaga Negara Sadap SBY

Ameidyo Daud Nasution
2 Februari 2017, 18:17
Katadata Pertemuan SBY-Jokowi di Bali 27 Agustus 2014
cahyo/presidenri.go.id
Katadata Pertemuan SBY-Jokowi di Bali 27 Agustus 2014

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara menegaskan bahwa tidak ada lembaga negara yang menyadap telepon Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

 "Saya sudah cek, tidak ada lembaga negara yang melakukannya,” kata Rudiantara saat ditemui di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (2/2).

Menurutnya, hal tersebut merupakan isu yang muncul di pengadilan dan harus dicari tahu kebenarannya. "Lembaga negara apa, kayak kurang kerjaan nyadap-nyadap," ujarnya.

Rudiantara pun menjelaskan, hanya ada beberapa lembaga negara tertentu yang berwenang melakukan penyadapan. Oleh karenanya, apabila ada orang atau lembaga lain yang melakukan hal tersebut, tentunya melanggar Undang-Undang atau hukum yang berlaku.

(Baca juga:  SBY Mengeluh Disadap, Jokowi: Isu Pengadilan kok Dikirim ke Saya)

Namun, Rudiantara kembali menekankan, hal ini hanyalah isu yang ada di pengadilan, sehingga, belum tentu kebenarannya. "Itu kan isu berangkat dari pengadilan, yang menyatakan ini bicara dengan ini. Ya, harusnya beresin di pengadilan," ujarnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah menegaskan bahwa isu penyadapan yang dikeluhkan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak ada hubungannya dengan pemerintah, khususnya dengan dirinya.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...