Chappy Hakim Janji Mundur kalau Freeport Rugikan Negara

Ameidyo Daud Nasution
27 Januari 2017, 18:48
Chappy Freeport
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Chappy Hakim mengklaim perusahaanya telah menjalankan usaha secara adil. Hal tersebut dikatakannya untuk membantah tudingan masyarakat yang menyebut operasional Freeport merugikan Indonesia.

Chappy bahkan menegaskan dirinya akan menjadi orang yang pertama mundur apabila PT Freeport Indonesia terbukti berlaku curang. "Kalau sampai ada praktek kami tidak fair, bawa datanya ke kami, saya yang akan mundur," kata Chappy saat memberikan kuliah umum di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok, Jumat (27/1).

Chappy memahami banyak masyarakat awam yang curiga dengan operasional yang dilakukan Freeport di Papua. Dirinya juga mengakui adanya stigma buruk mengingat cap Freeport sering diasosiasikan sebagai neokolonialisme.

(Baca juga:  Divestasi Perusahaan Tambang Lewat Bursa Jadi Opsi Terakhir)

Chappy sendiri mengaku terkejut melihat tata kelola Freeport setelah dirinya masuk ke dalam sebagai Presiden Direktur. Dia mengatakan seluruh pekerjaan Freeport dilakukan dengan perencanaan serta pengawasan yang ketat dan matang. "Kami juga diaudit jadi risiko dapat diminimalisir," katanya.

Audit Freeport dapat dilakukan auditor independen maupun Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) karena adanya saham Pemerintah Indonesia.

Grafik: 10 Tambang Emas Terbesar Dunia (2015)
10 Tambang Emas Terbesar Dunia (2015)

Dalam kesempatan tersebut Chappy juga bercerita keputusan menjadi Presiden Direktur Freeport cukup unik lantaran dirinya sudah 11 tahun pensiun dari kedinasan di TNI Angkatan Udara. Namun di sisi lain hal ini merupakan amanat dan tantangan yang juga sangat besar.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...