Tujuh Pelabuhan Akan Diintegrasikan dengan Kawasan Industri

Image title
24 Januari 2017, 16:21
Pelabuhan Ekspor
Agung Samosir|KATADATA

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengumpulkan para Direktur Utama Perusahaan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) di kantornya. Efisiensi jalur tol laut jadi pokok bahasan mereka.

Luhut juga mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan kelanjutan dari tinjauannya ke Pelabuhan Tanjung Priok, kemarin. "Kita tindak lanjuti yang kemarin di Priok (kunjungan Pelabuhan Tanjung Priok). Kita mau integrasikan jadi tol laut agar efisien," ujarnya, Selasa (24/1/2017).

Advertisement

Pertemuan ini berlangsung secara tertutup. Turut hadir dalam rapat, Direktur Utama Pelindo I Bambang Eko, Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya, Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus, dan Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung.

(Baca juga:  Priok Jadi Hub Internasional, Ongkos Logistik Bisa Lebih Murah)

Uusai pertemuan, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Elvyn G. Masassya menyatakan bahwa Menteri Luhut mendorong integrasi pelabuhan dengan kawasan industri atau Indonesia Integrated Chain Port.

Integrasi ini, menurut Elvyn, bertujuan untuk efisiensi biaya pengiriman yang ujung -ujungnya akan meningkatkan daya saing produk Indonesia. “Kita akan mendetailkan lagi konsep yang kami usulkan, yaitu Indonesia integrated chain port,” ujarnya.

Elvyn menyebut ada tujuh pelabuhan yang operasionalnya akan diintegrasikan dengan kawasan industri di dekatnya. Ketujuh pelabuhan tersebut adalah Kualatanjung, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Tanjung Emas, Pontianak, Bitung, dan Sorong.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement