Proteksi Trump, Tantangan sekaligus Peluang bagi Ekspor Indonesia

Pingit Aria
23 Januari 2017, 14:19
Pelabuhan ekspor
Katadata

Donald Trump telah dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat pada 20 Januari 2017 lalu. Dalam pidato pelantikannya, Trump menegaskan janji kampanyenya untuk melakukan proteksi dagang.

“Kita hanya akan menjalankan dua aturan sederhana: Beli produk Amerika dan pekerjakan tenaga kerja Amerika,” ujarnya saat itu. Jika terealisasi, ada tantangan sekaligus peluang dari kebijakan itu.

Dengan Indonesia, nilai perdagangan Indonesia dan Amerika Serikat selama beberapa tahun ini stagnan pada angka sekitar US$ 19 miliar. Bagi Amerika Serikat, Indonesia merupakan mitra dagang peringkat ke-20 di dunia. Peringkat tersebut bahkan di bawah Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Nilai impor produk Indonesia masih kecil dianggap tidak terlalu berkontribusi terhadap defisit perdagangan Amerika Serikat. Namun, secara tak langsung Indonesia akan menghadapi peningkatan tindakan proteksionisme.

(Baca juga:  Ketidakpastian Selimuti Pasar Keuangan Pasca Pidato Trump)

Prama Yudha Amdan, Executive Asisstant Presiden Director PT Asia Pacific Fibers Tbk menyatakan, proteksi Amerika Serikat akan menyulitkan ekspor. Di sisi lain, Indonesia berpotensi mendapat limpahan impor benang atau produk tekstil tekstil dari negara yang hasil produksinya tidak bisa masuk Amerika Serikat. "Hal tersebut berpotensi membahayakan industri domestik," ujarnya.

Di sisi lain, jika Trump membatalkan proyek green energy warisan Obama, maka bisa mendongkrak harga batubara.

Hendra Sinadia, Deputi Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) mengatakan, jika dibatalkan maka lembaga pembiayaan AS akan mengucurkan pendanaan ke proyek-proyek industri batubara. "Jika benar, ini akan berdampak positif untuk sektor dunia termasuk tanah air," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...