KRL Rangkas Bitung Segera Beroperasi Awal Tahun Ini

Secara bertahap hingga april 2017, seluruh operasional kereta lokal Rangkas Bitung akan digantikan dengan KRL.
Image title
11 Januari 2017, 13:34
Rel kereta api
Arief Kamaludin|KATADATA

Pada awal tahun ini PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek hingga Stasiun Rangkas Bitung. Pengoperasian KRL tersebut sebagai upaya KJC untuk mencapai target melayani 1,2 juta penumpang perhari pada tahun 2019 nanti.

Dengan demikian maka stasiun Angke akan kembali dibuka bagi penumpang KRL Rangkas maupun Loop Line. “Pembenahan untuk mendukung beroperasinya KRL ini terus kami lakukan. Seluruh prasarana pendukung seperti gate elektronik, tangga untuk naik turun penumpang, dan loket kami targetkan rampung awal tahun ini,” kata Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Muhammad Nurul Fadhila di Jakarta, Rabu (11/1/2016).

(Baca juga: Kereta LRT Cawang-Cibubur Siap Beroperasi Maret 2019)

Pada tahap awal KRL Rangkas Bitung-Angke, akan melayani empat perjalanan dengan jadwal perjalanan, Rangkas Bitung –Angke berangkat pukul 04.50, Angke – Rangkas Bitung berangkat pukul 08.10, Rangkas Bitung – Angke berangkat pukul 08.25, dan Angke – Rangkas Bitung berangkat pukul 15.10.

Saat ini penumpang tujuan ke Stasiun Rangkas Bitung maupun Angke dilayani dengan lima rangkaian kereta lokal relasi Rangkas Bitung – Angke PP.

Dengan beroperasinya satu rangkaian KRL Commuter Line maka jumlah kereta lokal yang beroperasi akan berkurang menjadi empat rangkaian, selanjutnya secara bertahap seluruh operasional kereta lokal akan digantikan dengan KRL pada saat Grafik Perjalanan Kereta Api 2017 berlaku mulai April 2017.

(Baca juga: Grafik Perjalanan 2017, Kemenhub Ubah Banyak Rute Kereta Api)

Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCJ, Subakir mengatakan, seiring dengan beroperasinya KRL menggunakan satu rangkaian sepuluh kereta, volume penumpang lintas Rangkas Bitung –Angke akan terus bertambah.

Saat ini volume penumpang perhari lintas Rangkas Bitung – Angke adalah sekitar 5.000 penumpang per hari saat hari kerja, dan 9.000 penumpang pada hari libur. “Penambahan volume pada lintas Rangkas Bitung – Angke dapat terjadi lantaran KRL memiliki daya angkut yang lebih banyak dibanding kereta lokal,” katanya.

Seperti diketahui, tahun ini PT KCJ menargetkan perjalanan 292.340.798 penumpang. Jumlah ini naik 8,9 persen dibandingkan tahun lalu.

(Baca juga:  KRL Jabodetabek Targetkan Tambahan 12 Juta Penumpang Tahun Ini)

Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait