Banyak Kapal Ikan Kecil, Pemerintah Dorong Industri Galangan

Pingit Aria
9 Januari 2017, 13:11
Nelayan ikan
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Perindustrian mencatat, ada 334 produsen galangan kapal tersebar di seluruh Indonesia. Industri ini meyerap tenaga kerja sebanyak 43 ribu orang. Bagaimanapun, tonase kapal penangkap ikan di Indonesia termasuk yang terkecil di perairan Pasifik.

Tak hanya didominasi pengusaha besar, banyak juga pelaku usaha kecil yang turut andil dalam industri galangan kapal. “Hampir di setiap daerah, terutama pesisir, di Indonesia terdapat industri kecil dan menengah kapal,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah, Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih, Senin, 9 Januari 2017.

Advertisement

(Baca juga:  Raih Rp 360,86 Miliar, Susi Pudjiastuti Pecahkan Rekor PNBP Perikanan)

Gati juga berharap, industri kecil dan menengah kapal turut berkontribusi memajukan sektor kelautan. Sebab, potensi ekonomi sektor kelautan di Indonesia mencapai US$ 1,2 triliun per tahun dan diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 40 juta orang. 

Grafik: Rata-Rata Tonase Kapal Penangkap Ikan data WCPFC 2015
Rata-Rata Tonase Kapal Penangkap Ikan data WCPFC 2015

Salah satu kota yang memiliki industri kecil di sektor perkapalan adalah Pekalongan, Jawa Tengah. Di kota ini, menurut Gati,  terdapat tujuh perusahaan yang memproduksi galangan kapal.

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement