Susi Pudjiastuti Tenggelamkan 115 Kapal Selama 2016

Image title
6 Januari 2017, 17:26
Susi Pudjiastuti
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

Selama tahun 2016, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti telah menenggelamkan 115 kapal pelaku pencurian ikan illegal fishing. Jumlah itu sedikit turun dibandingkan tahun 2015 yakni 117 kapal.

“Tahun 2016 ini menunjukan jika semakin baik dalam pengawasan maka semakin sedikit pelanggaran terjadi, efek jera yang kuat mencegah kapal-kapal asing itu masuk lagi,” kata Plt. Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Sjarief Widjaja dalam konferensi pers di kantornya, Jumat (6/1/2016).

Advertisement

Di antara kapal yang ditenggelamkan tersebut, 59 berbendera Vietnam, 22 kapal berasal dari Filipina, 27 kapal dari Malaysia, 1 kapal Cina, 1 kapal Nigeria, 1 kapal Belize, dan 5 kapal dalam negeri.

(Baca juga:  Raih Rp 360,86 Miliar, Susi Pudjiastuti Pecahkan Rekor PNBP Perikanan)

Sjarief mengungkapkan selama 2016, 35 armada kapal pengawas milik Kementerian Kelautan dan Perikanan memeriksa 3.783 kapal perikanan di laut. Dari jumlah tersebut, 163 kapal ditangkap karena kedapatan melakukan pencurian ikan, termasuk 140 buah merupakan kapal berbendera asing.

Adapun kapal-kapal asing yang ditangkap didominasi oleh kapal berbendera Vietnam sebanyak 83 kapal. Sedangkan 29 kapal berbendera Filipina, 26 kapal berbendera Malaysia, 1 kapal dari Thailand, dan 1 lainnya dari Cina.

Grafik: Turun/Naik Biomassa Ikan Laut Indonesia
Turun/Naik Biomassa Ikan Laut Indonesia

Seluruh penangkapan dan penenggelaman ini merupakan hasil kerja Satuan Tugas (Satgas) 115. Satgas 115 merupakan tim yang terdiri dari sejumlah instansi antara lain Kementerian Kelautan dan Perikanan, TNI AL, Polri, Bakamla, dan Kejaksaan. Satgas anti illegal, unreported, unregulated (IUU) fishing ini berada langsung di bawah Presiden dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sebagai Komandan.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement