Indonesia – India Sepakat Kerja Sama di Tiga Sektor Industri

Pingit Aria
13 Desember 2016, 15:56
farmasi
KATADATA
farmasi

Pemerintah Indonesia dan India berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama ekonomi. Dalam pertemuan Presiden RI Joko ”Jokowi” Widodo dengan Perdana Menteri India Narendra Modi di New Delhi, India, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama di tiga sektor yakni farmasi, teknologi informasi, dan otomotif.

Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto yang turut mendampingi Jokowi menyatakan, kedua negara memiliki visi yang sama untuk membangun industri yang berdaya saing di pasar global. ”Hubungan diplomatik Indonesia dan India telah terjalin lebih dari 60 tahun. Kemitraan bilateral ini akan diperkuat melalui kerja sama di bidang investasi dan perdagangan,” kata Airlangga melalui siaran pers, Selasa 13 Desember 2016.

Untuk menindaklanjuti pertemuan pemimpin kedua negara, Airlangga bersama Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita melanjutkan pembahasan dengan Menteri Perindustrian dan Perdagangan India, Nirmala Sitharaman. (Baca juga: Ke India, Jokowi Tawarkan Investasi dan Diversifikasi Perdagangan)

Pada kesempatan tersebut, beberapa poin yang disampaikan Airlangga terkait kerja sama industri farmasi. Di antaranya, pemerintah India diharapkan dapat mengirimkan kelompok kerja untuk membantu memetakan kebutuhan industri farmasi di Indonesia. ”Kami juga mendorong adanya pertukaran expert dan penguatan pelatihan vokasi antara Indonesia dengan India khususnya di industri farmasi,” tuturnya.

Sebagai gambaran, Indonesia masih memerlukan bahan baku obat yang selama ini mayoritas dipasok dari CIna dan India. Dengan peningkatan kerja sama di sektor ini, Indonesia berharap dapat mengurangi ketergantungan bahan baku impor. ”Untuk itu, kami meminta agar proses pengurusan approval di BPOM agar lebih business friendly bagi industri farmasi,” kata Airlangga. (Baca juga: Incar Turis India, Garuda Buka Rute Jakarta – Mumbai)

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...