102 Meninggal akibat Gempa, Aceh Berstatus Tanggap Darurat Bencana

Pingit Aria
8 Desember 2016, 13:43
Gempa Aceh
BMKG
Hari Rabu (7/12/2016), wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pukul 05. 03.36 WIB dengan kekuatan M=6,5. Pusat gempabumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatny

Ratusan korban tewas dan luka-luka akibat gempa berskala 6,5 skala richter yang terjadi di Aceh, kemarin pagi. Ribuan orang lain terpaksa mengungsi di provinsi yang telah ditetapkan berstatus tanggap darurat bencana itu.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, hingga pukul 09.00 hari ini, sebanyak 102 orang tewas dan sekitar 700 orang mengalami luka-luka akibat gempa. Selain itu, 3.267 masyarakat mengungsi di Kabupaten Pidie Jaya, Pidie dan Bireueun. (Baca juga: Gempa Aceh, 40 Ribu Pelanggan PLN Mati Listrik)

Advertisement

“Banyaknya masyarakat yang mengungsi dikarenakan rumah mereka mengalami kerusakan dan sebagian besar tidak mungkin lagi untuk ditempati,”kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Kamis 8 Desember 2016.

Saat ini, upaya pencarian dan penyelamatan korban gempa terus dilakukan secara intensif. Kepala BNPB, Willem Rampangilei, bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Kesehatan dan pejabat lain dari Kementerian Sosial, Basarnas dan lainnya sudah berada di Pidie Jaya untuk membantu penanganan darurat.

“Personil baik dari pemerintah, TNI, Polri, relawan dan masyarakat saling bersinergi untuk mengevakuasi korban yang kemungkinan masih tertimbun reruntuhan,”kata Sutopo. (Baca juga: Gempa Aceh, Pertamina Klaim Distribusi BBM dan LPG Aman)

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement