Tak Lagi Jadi Menteri, Rudiantara Sibuk Kembangkan Obat Covid-19

Rizky Alika
16 Mei 2020, 10:45
Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di acara Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia bersama Katadata mengadakan diskusi dan peluncuran buku Indonesia Menuju 5 Besar Dunia di The Ballroom Theater XX
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di acara Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia bersama Katadata mengadakan diskusi dan peluncuran buku Indonesia Menuju 5 Besar Dunia di The Ballroom Theater XXI, Jakarta Pusat (12/9).

Tidak lagi sibuk mengurusi negara, Menteri Komunikasi dan Informatika periode 2014–2019 Rudiantara telah memiliki aktivitas baru. Menurutnya, ia bersama beberapa rekan di Kabinet Kerja tengah mengembangkan obat untuk penyakit akibat virus corona atau Covid-19.

"Selama rentang waktu kosong, kami mencoba cari cara lain. Kami sedang proses di rumah sakit di Indonesia, kandidat obat Covid-19," kata dia dalam webinar yang diselenggarakan Katadata, Bicara Data Virtual Series: 'New Normal, New Way' with Rudiantara, Sabtu (16/5).

Menurutnya, obat yang tengah dikembangkan tersebut bukan obat sintetis. Ia pun berharap obat ini dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah di berbagai toko, tanpa perlu resep atau pengawasan dokter.

(Baca: Mencegah Sambil Bersiap Ada Bank Gagal Akibat Pandemi Corona)

Menurutnya, obat tersebut dapat mempercepat proses peningkatan imunitas manusia sehingga dapat menangkal Covid-19. Ia pun mengatakan, virus corona tidak akan hilang selama belum ditemukan vaksinnya. Bahkan, sejumlah pihak memperkirakan penyebaran virus corona akan berakhir pada akhir 2021.

Selama rentang waktu tersebut, lanjut dia, masyarakat akan terus menerus bergelut dengan protokol jaga jarak sosial atau social distancing. "Selalu ada kemungkinan orang terserang virus corona. Jadi kami upayakan secepatnya obat Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, jumlah pasien Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Berikut data terakhirnya:

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...