Rudiantara Beberkan Peluang Startup Meraih Modal di Tengah Pandemi

Rizky Alika
16 Mei 2020, 12:29
Kopi Kenangan
Kopi Kenangan
Kopi Kenangan

Menteri Komunikasi dan Informatika periode 2014–2019 Rudiantara menyatakan, masih ada peluang bagi pebisnis untuk meraih modal di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Menurutnya, permintaan investor masih dalam kondisi yang baik.

"Mereka (investor) mencari terus aset yang tingkat keuntungannya bagus. Tapi memang tidak semudah sebelum pandemi Covid-19, pasti lebih selektif," kata Rudiantara dalam Webinar Bicara Data Virtual Series: 'New Normal, New Way' yang digelar Katadata, Sabtu (16/5).

Advertisement

Menurutnya, para pemilik modal tidak akan menghentikan investasi demi mendapatkan keuntungan maksimal. Sebab, penyimpanan dana di perbankan dinilainya kurang menguntungkan di tengah tren bunga rendah.

(Video Bicara Data Rudiantara: 'New Normal, New Way')

Selama triwulan I 2020, Rudi mengatakan, sejumlah investor terpantau telah menanamkan modal ke startup Indonesia. Beberapa di antaranya merupakan pendanaan pra-seri hingga tingkat lanjut dengan nilai besar.

Rudi pun bercerita, ia baru saja bertemu dengan salah satu investor besar yang mengelola dana investasi lebih dari US$ 30 miliar. Investor tersebut tengah gencar mencari aset dengan keuntungan yang tinggi.

"Dia sedang cari aset di Indonesia karena menurutnya sekarang waktunya masuk (menanamkan dana). Setelah Covid-19 lewat, sudah terlambat," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement