Selain Indonesia dan Spanyol, Nissan Tutup Pabrik di Korea Selatan

Pingit Aria
1 Juni 2020, 06:00
Lee Smith Seorang karyawan bekerja di pabrik Nissan saat Nissan memproduksi visor untuk NHS, di tengah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Sunderland, Britain, Selasa (21/4/2020).
ANTARA FOTO/REUTERS/Lee Smith/aww/cf
Lee Smith Seorang karyawan bekerja di pabrik Nissan saat Nissan memproduksi visor untuk NHS, di tengah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Sunderland, Britain, Selasa (21/4/2020).

Nissan Motor Co. Ltd, telah menyatakan bakal menutup pabrik perakitan mereka di Indonesia. Produsen otomotif terbesar kedua di Jepang itu akan menjadikan Thailand sebagai basis produksi tunggalnya di Asia Tenggara.

Selain di Indonesia, Nissan juga menutup pabrik perakitan di Barcelona, Spanyol. Selanjutnya, pabrik Nissan di Sunderland, Inggris, akan menjadi basis produksi untuk Eropa.

Advertisement

Tak hanya itu, Nissan juga akan menghentikan kegiatan operasionalnya dari Korea Selatan pada Desember 2020. Penyebabnya, penjualan yang lemah yang disebabkan oleh sentimen anti-Jepang dan wabah Covid-19.

"Perusahaan telah mencapai kesimpulan bahwa sulit untuk mendapatkan kembali struktur pertumbuhan yang berkelanjutan di Korea Selatan karena memburuknya lingkungan bisnis di dalam dan luar negeri meskipun ada upaya untuk menjaga operasi di sini," demikian pernyataan perusahaan dikutip dari Yonhap.

(Baca: Susul Honda, Nissan Tutup Pabrik di Indonesia Akibat Corona)

Nissan akan terus menawarkan layanan purna jual untuk pemilik model Korsel dan Infiniti Korea Selatan selama delapan tahun hingga 2028.

Sebelumnya, Nissan mengalami kerugian bersih 671,2 miliar yen (US$ 6,2 miliar) pada tahun fiskal 2019. Ini adalah pertama kalinya bagi Nissan untuk melaporkan rugi bersih dalam 11 tahun sejak kerugiannya pada 2008 ketika industri besar terkena dampak krisis keuangan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement