Fakta Kasus Jouska, Perencana Keuangan yang Naik Daun Berkat Instagram

Pingit Aria
23 Juli 2020, 11:18
Karyawan mengamati layar pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). IHSG ditutup melemah 18,789 poin atau 0,37 persen di level 5.079,58.
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.
Karyawan mengamati layar pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). IHSG ditutup melemah 18,789 poin atau 0,37 persen di level 5.079,58.

Perusahaan konsultan keuangan PT Jouska Finansial Indonesia atau Jouska mendapat sorotan. Beberapa investor mengeluhkan kerugian puluhan juta rupiah setelah dana mereka dikelola oleh Jouska.

Salah satu investor, Abdurrahman Khalish, menyetorkan Rp 91,5 juta untuk dikelola dan dibelikan saham. “Portofolio saya sekarang minus lebih dari 50%. Setelah kejadian ini barulah saya mengumpulkan bukti-bukti terkait,” ujarnya kepada Katadata.co.id, Selasa (21/7).

Setelah Khalish, beberapa investor lain muncul dengan cerita masing-masing. Jouska pun menjadi topik hangat di Twitter.

Sebenarnya, siapa Jouska? Bagaimana kasus ini bermula? Berikut beberapa faktanya:

(Baca: Investor Asing Memburu Saham Perbankan Nasional

1. Naik Daun Berkat Instagram

Jouska dirintis sejak 2013 dengan Aakar Abyasa sebagai CEO dan Founder, Indah Hapsari sebagai Co-Founder dan Head of Adviser dan Farah Dini sebagai Co-Founder. Namun, PT Jouska Finansial Indonesia sebagai perusahaan perencanaan keuangan independen baru berdiri sejak tahun 2017.

Pada 2017 pula Jouska mulai menggunakan Instagram dalam kampanyenya. Den.gan visual dan gaya penceritaan yang kasual, Jouska berhasil menarik perhatian sasarannya: milenial kelas menengah.

Pengikut Instagram Jouska kini mencapai 758 ribu, dengan lebih 2.000 orang menjadi kliennya. "Pertumbuhan paling terasa sejak kami fokus dalam Instagram, ternyata masyarakat lebih mudah menerima," ujar Farah Dini, beberapa waktu lalu.

Dia menyebutkan, layanan satu tahun Jouska seharga Rp 12 juta dengan fitur manajemen keuangan, alokasi aset, pembayaran utang jika ada, ulasan cicilan rumah, serta investasi. Klien Jouska juga bisa mengagendakan pertemuan secara langsung dengan tarif Rp 1 juta per jam.

2. Pernah Buka Perdagangan BEI

Di akun Instagramnya, Jouska cenderung mengarahkan pengguna untuk berinvestasi di pasar saham ketimbang instrument lain seperti reksa dana, emas atau properti. Jouska juga pernah mendapat kesempatan untuk membuka perdagangan di Bursa Efek Indonesia pada 29 Juli 2019.

“BEI dan Jouska rasanya memiliki sejarah yang cukup panjang dalam kerja sama membuka wawasan dan menyampaikan pesan baik bagi masyarakat untuk memulai berinvestasi di pasar modal,” kata Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Hasan Fauzi dalam sambutannya pada Senin, (29 Juli 2019), dikutip dari Youtube IDX.

 3. Bermula dari Keluhan Klien

Selasa malam, 21 Juli 2020, sejumlah warganet yang merasa dirugikan oleh Jouska mulai buka suara. Jouska dituduh telah mengarahkan para pelanggan perusahaan itu untuk mengoleksi saham yang diduga gorengan hingga merugi ketika kinerja saham tersebut memburuk.  

Salah satu netizen @yakobus_alvin mengaku telah menyerahkan total dana Rp 65 juta sepanjang tahun 2018-2019 untuk dikelola Jouska. Belakangan, nilai investasinya jeblok hingga lebih dari 70%. "Dikelola ya, bukan sekedar diarahkan," kata Alvin, seperti dikutip dari cuitannya, Selasa malam, 21 Juli 2020. 

4. Ada Pihak Ketiga

Dalam praktik normal, perencana keuangan hanya bertindak sebagai penasehat saja. Sedangkan yang mengelola dana klien adalah manajer investasi. Namun menurut Alvin, ia diberi penawaran paket kontrak setahun dengan layanan mencakup investasi dan asuransi kesehatan.

"Keliatannya Jouska menggandeng pihak ketiga untuk mengelola uang di pasar saham. Namanya Amarta Investa," tuturnya.

Di dalam thread cuitannya tersebut, Alvin melampirkan sejumlah bukti surat penawaran dari Jouska, bukti pembayaran jasa perencanaan keuangan, hingga perjanjian kerja dengan PT Amarta Investa Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...