Erwin Aksa hingga Novel Baswedan, Tokoh Publik yang Positif Covid-19

Pingit Aria
2 September 2020, 12:02
Politikus Partai Golkar yang juga pengusaha, Erwin Aksa, dalam acara "Silaturahim 1.000 Pengusaha Nasional Lintas Sektoral untuk Indonesia Menang” di Ballroom Djakarta Theater Jl. M. H. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat (21/3) lalu.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Politikus Partai Golkar yang juga pengusaha, Erwin Aksa, dalam acara "Silaturahim 1.000 Pengusaha Nasional Lintas Sektoral untuk Indonesia Menang” di Ballroom Djakarta Theater Jl. M. H. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat (21/3) lalu.

Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Beberapa figur publik pun tak luput dari penularan virus corona. Di antara mereka ada pengusaha Erwin Aksa, Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan, hingga beberapa kepala daerah.

Jumlah kasus positif virus corona di Indonesia pada Selasa (1/9) bertambah 2.775 menjadi 177.571 orang. Empat provinsi di Pulau Jawa menyumbang 1.666 atau 60% dari lonjakan pasien baru.

Advertisement

Kenaikan jumlah kasus hari ini didapatkan dari tambahan pemeriksaan 30.625 sampel spesimen. Secara total 2.270.267 tes spesimen telah dilakukan seluruh jejaring laboratorium di Indonesia.

Berikut adalah kisah beberapa publik figur yang terkonfirmasi positif Covid-19:

Erwin Aksa

Komisaris Utama Bosowa Group Erwin Aksa menyatakan dirinya terpapar Covid-19 melalui sebuah video yang tersebar pada Selasa (1/9). "Saya hari ini baru saja dapat hasil dari Lab PCR dan hasilnya bahwa saya dikatakan positif kena virus corona atau Covid-19," kata Erwin dalam video tersebut. 

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2008-2011 ini pun mengingatkan kelurga, kerabat dan sahabatnya agar berhati-hati ketika beraktivitas. "Hati-hati di luar, di sana banyak sekali virus, jaga kesehatan, hindari agar tidak terkena virus Corona," ujarnya. 

Keponakan mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, ini pun meyebutkan bahwa dirinya akan mengisolasi diri selama 14 hari lamanya. "Saya juga sekarang isolasi mandiri selama dua minggu," kata Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Golkar Bidang Industri ini.

Erwin membagikan video tersebut sebagai pertanggungjawaban. Dengan begitu, orang-orang yang pernah berkontak dengannya dapat lebih waspada dan menjaga diri.

Sebelum mengumumkan bahwa dirinya positif Covid-19, Erwin sempat menghadiri sejumlah kegiatan politik di Makassar, Sulawesi Selatan. Pada Sabtu, 29 Agustus 2020 lalu misalnya, ia menjadi ketua tim pemenangan Bakal Calon Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-Rahman) yang tak lain merupakan adik iparnya. 

Kegiatan yang dihadiri oleh sedikitnya 148 kelompok relawan pemenangan yang berasal dari 15 Kecamatan di Kota Makassar itu berlangsung di Novotel Hotel Makassar. Selain itu, pada Jumat, 21 Agustus 2020, keponakan mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla ini juga menghadiri kegiatan deklarasi Appi-Rahman di Hotel Aryaduta.

Yang terbaru, Erwin Aksa juga menghadiri penyerahan B1-KWK untuk pasangan Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Malaganni Karaeng Kio di Pilkada Kabupaten Gowa. Kegiatan itu berlangsung di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Senin (31/8/2020) malam.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement