Edhy Prabowo dan Dirjen KKP Positif Covid-19 Setelah Safari 3 Daerah

Kapolres Kupang baru terkonfirmasi positif Covid-19. Ia turut mengawal saat Menteri KKP Edhy Prabowo berkunjung ke wilayahnya.
Pingit Aria
Oleh Pingit Aria
17 September 2020, 10:09
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah ) melakukan panen udang vaname kualitas ekspor di Desa Margasari, Labuhan Maringgai, Lampung Timur, Lampung, Minggu (19/7/2020).
ANTARA FOTO/Ardiansyah/aww.
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah ) melakukan panen udang vaname kualitas ekspor di Desa Margasari, Labuhan Maringgai, Lampung Timur, Lampung, Minggu (19/7/2020).

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo positif Covid-19. Selain Edhy, Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Aryo Hanggono juga tertular virus corona. Keduanya, bersama beberapa pejabat lain di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), diketahui baru melakukan kunjungan kerja ke tiga daerah.

Kondisi terakhir Edhy disampaikan oleh Juru Bicara Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. Menurutnya, Edhy sempat dirawat di RS Polri Kramat Jati sebelum dipindahkan ke RSPAD Gatot Subroto.

Kondisinya sempat kritis hingga harus dirawat intensif, namun kini telah membaik. "Saudara Edhy Prabowo kemudian dirawat secara intensif dan keadaannya sekarang baik-baik saja. Memang sempat dimasukkan di ICU dengan tujuan untuk perawatan lebih baik," kata Dasco dalam keterangannya, Rabu (16/9).

Wakil Ketua DPR RI itu juga mengaku sudah bisa berkomunikasi langsung dengan Edhy. Dasco menyebut, berdasarkan hasil swab terakhir, Edhy telah dinyatakan negatif Corona. "Saudara Edhy Prabowo merasa keadaannya sehat dan sudah makan enak, dan alhamdulillah hasil swab sudah negatif," ujarnya.

Selain Edhy, seorang pejabat lain di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga diketahui positif Covid-19. Ketua Komisi IV DPR RI Sudin menyatakan, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Aryo Hanggono kini tengah menjalani perawatan akibat tertular virus corona.

Informasi itu didapatnya setelah pihak KKP mengajukan surat kuasa untuk absen hadir dalam rapat kerja bersama Komisi IV pada Selasa, 15 September 2020. Sedangkan Edhy Prabowo tidak hadir dan diwakili oleh Sekjen KKP Antam Novambar. "Benar (Covid-19). Saya tanda tangan surat kuasa bermaterai," kata Sudin.

Selain keduanya, pejabat KKP lainnya juga turut absen pada rapat kerja bersama Komisi IV pada Selasa kemarin adalah Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Artati Widiarti. Namun, menurut Sudin, ia berhalangan karena sakit jantung.

Kunjungan ke Tiga Daerah

Sebelum tertular Covid-19, Menteri Edhy, Dirjen Aryo bersama beberapa pejabat KKP lainnya diketahui baru melakukan kunjungan kerja ke tiga daerah. Tiga daerah yang dimaksud adalah Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Kalimantan Timur.

Menteri Edhy bertolak dari Jakarta pada Jumat 28 Agustus hingga 3 September 2020. "Di NTT, Pak Menteri dua hari. Beliau akan bertemu dengan pembudidaya dan pelaku UMKM perikanan," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerjasama Luar Negeri, Agung Tri Prasetyo dikutip dari Antara, Jumat (28/8). Agung tidak menjawab saat dikonfirmasi mengenai kondisi terkini Edhy dan Aryo.

Setelah Edhy diketahui positif Covid-19, puluhan pejabat dan warga Kupang yang sempat kontak dengannya kemudian menjalani tes. Hasilnya, Kapolres Kupang, Nusa Tenggara Timur AKBP Aldinan RJH Manurung terkonfirmasi positif Covid-19.

Perwira Urusan Hubungan Masyarakat (Paur Humas) Polres Kupang, Aipda Randy Hidayat mengatakan, Kapolres Aldinan sebelumnya sempat menjalani dua kali tes cepat dan dinyatakan nonreaktif. Namun, hasil tes swab yang keluar belakangan menunjukkan hasil positif.

Saat ini, Aldinan menjalani karantina di Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uly. "Kapolres tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah. Memang beliau sempat bertemu dengan Menteri Perikanan," kata Randy, Rabu (16/9).

Hingga kini, jumlah pasien Covid-19 di Indonesia terus bertambah, berikut gambarannya di Databoks: 

Reporter: Antara
Editor: Pingit Aria

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait