Edhy Prabowo dan Dirjen KKP Positif Covid-19 Setelah Safari 3 Daerah

Pingit Aria
17 September 2020, 10:09
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah ) melakukan panen udang vaname kualitas ekspor di Desa Margasari, Labuhan Maringgai, Lampung Timur, Lampung, Minggu (19/7/2020).
ANTARA FOTO/Ardiansyah/aww.
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah ) melakukan panen udang vaname kualitas ekspor di Desa Margasari, Labuhan Maringgai, Lampung Timur, Lampung, Minggu (19/7/2020).

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo positif Covid-19. Selain Edhy, Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Aryo Hanggono juga tertular virus corona. Keduanya, bersama beberapa pejabat lain di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), diketahui baru melakukan kunjungan kerja ke tiga daerah.

Kondisi terakhir Edhy disampaikan oleh Juru Bicara Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. Menurutnya, Edhy sempat dirawat di RS Polri Kramat Jati sebelum dipindahkan ke RSPAD Gatot Subroto.

Advertisement

Kondisinya sempat kritis hingga harus dirawat intensif, namun kini telah membaik. "Saudara Edhy Prabowo kemudian dirawat secara intensif dan keadaannya sekarang baik-baik saja. Memang sempat dimasukkan di ICU dengan tujuan untuk perawatan lebih baik," kata Dasco dalam keterangannya, Rabu (16/9).

Wakil Ketua DPR RI itu juga mengaku sudah bisa berkomunikasi langsung dengan Edhy. Dasco menyebut, berdasarkan hasil swab terakhir, Edhy telah dinyatakan negatif Corona. "Saudara Edhy Prabowo merasa keadaannya sehat dan sudah makan enak, dan alhamdulillah hasil swab sudah negatif," ujarnya.

Selain Edhy, seorang pejabat lain di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga diketahui positif Covid-19. Ketua Komisi IV DPR RI Sudin menyatakan, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Aryo Hanggono kini tengah menjalani perawatan akibat tertular virus corona.

Informasi itu didapatnya setelah pihak KKP mengajukan surat kuasa untuk absen hadir dalam rapat kerja bersama Komisi IV pada Selasa, 15 September 2020. Sedangkan Edhy Prabowo tidak hadir dan diwakili oleh Sekjen KKP Antam Novambar. "Benar (Covid-19). Saya tanda tangan surat kuasa bermaterai," kata Sudin.

Selain keduanya, pejabat KKP lainnya juga turut absen pada rapat kerja bersama Komisi IV pada Selasa kemarin adalah Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Artati Widiarti. Namun, menurut Sudin, ia berhalangan karena sakit jantung.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement