Demi Industri Otomotif, Jokowi Percepat Proyek Pelabuhan Patimban

Rizky Alika
22 September 2020, 11:44
Presiden Joko Widodo (kanan) tiba di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019). Kunjungan Presiden Joko Widodo tersebut untuk meninjau progres proyek pembangunan pelabuhan Patimban tahap pertama yang ditargetkan selesai pada juni 2020 dan
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Presiden Joko Widodo (kanan) tiba di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019). Kunjungan Presiden Joko Widodo tersebut untuk meninjau progres proyek pembangunan pelabuhan Patimban tahap pertama yang ditargetkan selesai pada juni 2020 dan nantinya akan menjadi pelabuhan besar di tahun 2027.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pembangunan Pelabuhan Patimban dipercepat. Pelabuhan itu diharapkan dapat mengerek kinerja perdagangan dan industri di Jawa Barat, khususnya di sektor otomotif.

Jokowi menyatakan, penyelesaian proyek Pelabuhan Patimban yang berada di Kabupaten Subang, Jawa Barat akan mewujudkan segitiga emas Rebana. Kawasan segitiga yang dimaksud adalah Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati, serta kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

Advertisement

"Ini sebagai sebuah kawasan industri saling terkoneksi, saling mendukung satu dengan yang lain, sehingga memiliki daya saing, terutama untuk produk-produk ekspor dan lebih khusus lagi di bidang otomotif," tutur Jokowi dalam pembukaan rapat terbatas secara virutal, Selasa (22/9).

Ia juga berharap keberadaan Pelabuhan Patimban ini bisa saling mengisi dengan Pelabuhan Tanjung Priok. "Dikembangkan untuk saling mengisi dengan Tanjung Priok, komplementer, bukan kompetitor," ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperhatikan dampak pembangunan Pelabuhan Patimban bagi Nelayan setempat. Jokowi memerintahkan KKP memberikan bantuan kepada nelayan yang terdampak, baik secara sosial maupun ekonomi.

"Kalau memerlukan dukungan sarana dan prasarana untuk kapal misalnya, bagi para nelayan yang terdampak ini agar KKP bisa memberikan bantuannya kepada para nelayan," ujar Jokowi.

Kemudian, mantan gubernur DKI Jakarta itu meminta agar pengembangan pelabuhan utama di Indonesia betul-betul dirancang dengan matang. Pembangunan Pelabuhan Patimban, Tanjung Priok dan 28 Pelabuhan utama lainnya dapat terkonsolidasi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement