Pandemi Belum Usai, Banjir Mulai Merendam Beberapa Wilayah

Pingit Aria
22 September 2020, 16:04
Petugas membersihkan saluran air di Kawasan Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (21/9/2020). Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah ibu kota menyebabkan beberapa titik di Jakarta tergenang banjir hingga 50 centimeter.
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas membersihkan saluran air di Kawasan Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (21/9/2020). Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah ibu kota menyebabkan beberapa titik di Jakarta tergenang banjir hingga 50 centimeter.

Pandemi Covid-19 belum teratasi, banjir mulai menggenangi beberapa wilayah di Indonesia. Pengamatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), fenomena hidrometerologi yang berujung bencana mendominasi kejadian awal pekan ini, seperti banjir bandang, banjir dan angin kencang.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan beberapa kejadian bencana hidrometerologi di beberapa wilayah administrasi, seperti Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Kabupaten Cilacap.

Advertisement

Kejadian terkini yakni banjir bandang di Kabupaten Sukabumi yang terjadi pada Senin (21/9) dan mengakibatkan dua orang meninggal dunia dan satu lagi masih dalam pencarian. Dampak banjir bandang tersebut menyasar tiga kecamatan di Sukabumi, Jawa Barat, yaitu Kecamatan Cicurug, Parungkuda dan Cidahu.

Banjir juga terjadi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Senin (21/9) sekitar pukul 17.00 WIB. Banjir disebabkan luapan dua sungai Cianten dan Cisakati yang berada di wilayah kampung Muara 1. Lokasi terdampak di kabupaten ini berada di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan. 

Masih di wilayah Jawa Barat, Kota Bogor juga terdampak banjir pada awal pekan, Senin (21/9), pukul 18.30 WIB. Hujan dengan intensitas tinggi memicu meluapnya debit air Sungai Cisadane yang kemudian mengakibatkan genangan di Kota Bogor. Di Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah misalnya, tinggi muka air terpantau sekitar 30 cm.

Dari Bogor, banjir kiriman juga menggenangi sebagian Kelurahan Rawajati dan Pengadegan, Jakarta Selatan. Lebih dari 100 warga mengungsi.

Sedangkan di Jawa Tengah, angin kencang melanda Kabupaten Cilacap. Satu rumah roboh akibat insiden angin kencang yang terjadi pada Senin (21/9), pukul 12.30 WIB. Angin kencang terjadi di Desa Sudagaran, Kecamatan Sidareja, Cilacap. Kejadian serupa terjadi di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, pada Minggu (20/9), pukul 13.30 WIB.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement