Pidato Perdana Jokowi di PBB: Vaksin Game Changer Melawan Covid-19

Pingit Aria
23 September 2020, 11:42
Pidato virtual Jokowi dalam Sidang Tahunan PBB, Rabu (23/9).
Kementerian Luar Negeri
Pidato virtual Jokowi dalam Sidang Tahunan PBB, Rabu (23/9).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh negara bersatu padu dalam menghadapi Covid-19. Dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang digelar secara virtual, Rabu (23/9), Jokowi meminta semua pihak menggunakan pendekatan yang saling menguntungkan di tengah pandemi global.

Lebih lanjut, Presiden mengaku prihatin terhadap masih terjadinya situasi kemiskinan, kelaparan, penghormatan kedaulatan dan integritas wilayah masih ada di berbagai belahan dunia saat pandemi Covid-19 sekarang ini.

Advertisement

“Kita tahu dampak pandemi ini sangat luar biasa, baik dari sisi kesehatan maupun sosial ekonomi. Kita juga paham, virus ini tidak mengenal batas negara, no one is safe until everyone is,” kata Presiden.

Menurutnya, kerja sama dalam penanganan Covid-19 harus kita perkuat, baik dari sisi kesehatan maupun dampak sosial ekonominya. “Vaksin akan menjadi game changer dalam perang melawan pandemi. kita harus bekerja sama untuk memastikan bahwa semua negara mendapatkan akses setara terhadap vaksin yang aman dan dengan harga terjangkau,” katanya.

Hasil survei perusahaan riset Ipsos menunjukkan sebanyak 74% responden yang tersebar di 27 negara akan menggunakan vaksin Covid-19 jika telah tersedia. Berikut grafiknya di Databoks:

Untuk jangka panjang, Presiden sampaikan tata kelola ketahanan kesehatan dunia harus lebih diperkuat. Ia menambahkan bahaa ketahanan kesehatan dunia yang berbasis pada ketahanan kesehatan nasional akan menjadi penentu masa depan dunia.

“Dari sisi ekonomi, reaktivasi kegiatan ekonomi secara bertahap harus mulai dilakukan dengan melakukan koreksi terhadap kelemahan-kelemahan global supply chain yang ada saat ini,” tandas Presiden.

Aktivasi ekonomi, menurut Presiden, harus memprioritaskan kesehatan warga. Menurutnya, dunia yang sehat, dunia yang produktif harus menjadi prioritas.

“Semua itu dapat tercapai jika semua bekerja sama, bekerja sama, dan bekerja sama. Mari kita memperkuat komitmen dan konsisten menjalankan komitmen untuk selalu bekerja sama,” kata Presiden. 

Pada kesempatan itu, Presiden juga menyampaikan bahwa tahun ini Indonesia juga merayakan kemerdekaan yang ke-75 tahun. Ia bertekad, Indonesia terus berkontribusi bagi perdamaian dunia, sesuai amanat konstitusi.

“Indonesia akan terus memainkan peran sebagai bridgebuilder, sebagai bagian dari solusi. Secara konsisten komitmen ini terus dijalankan Indonesia, termasuk saat Indonesia duduk sebagai anggota Dewan Keamanan PBB,” imbuh Presiden.

Spirit kerja sama, menurut Presiden, akan selalu dikedepankan Indonesia, spirit yang menguntungkan semua pihak tanpa meninggalkan satu negara pun. Ia berprinsip, “No one, no country should be left behind”.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement