Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai, Dilengkapi Terowongan Gajah

Rizky Alika
25 September 2020, 16:36
Kendaraan rombongan Forkopimda Riau melintas di Jalan tol Pekanbaru-Dumai saat meninjau langsung pembangunan dan kesiapan tol Pekanbaru-Dumai di Pekanbaru, Riau, Sabtu (4/7/2020). Progres proyek pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km ini dinilai
ANTARA FOTO/Rony Muharrman/wsj.
Kendaraan rombongan Forkopimda Riau melintas di Jalan tol Pekanbaru-Dumai saat meninjau langsung pembangunan dan kesiapan tol Pekanbaru-Dumai di Pekanbaru, Riau, Sabtu (4/7/2020). Progres proyek pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km ini dinilai cukup baik dan Uji Laik Fungsi (ULF) juga telah dilaksanakan oleh PT Hutama Karya (Persero) pada 17-19 Juni 2020 yang lalu.

Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai. Tol yang terbentang sepanjang 131,5 kilometer itu dilengkapi dengan buah terowongan gajah.

"Saya resmikan jalan Tol Pekanbaru-Dumai hari ini," kata Jokowi dalam peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang diikuti secara virtual dari Istana Bogor, Jumat (25/9).

Advertisement

Terowongan gajah disiapkan dengan bentang 25 hingga 45 meter dan tinggi 5,1 meter serta tanaman hijau agar menyerupai habitat asli. Terowongan ini dibangun di Seksi IV Kandis Utara–Duri yang melintasi Kawasan Suaka Margasatwa Balai Raja dan Siak Kecil.

Kandis Utara-Duri merupakan koridor perlintasan gajah Sumatera dengan jumlah populasi sekitar 50 ekor.

Jokowi mengatakan, tol yang pembangunannya menelan biaya Rp 12,18 triliun tersebut sudah bisa dioperasikan secara penuh. Harapannya, tol ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota Provinsi Riau dengan Dumai yang menjadi kota pelabuhan bagi industri perminyakan dan agribisnis.

Provinsi Riau merupakan salah satu penghasil utama kelapa sawit di Indonesia. Berikut grafiknya di Databoks:

Mantan Walikota Solo itu mengatakan, jalan tol ini akan memangkas jarak tempuh Pekanbaru-Dumai, dari sebelumnya 200 kilometer melalui jalan nasional menjadi 131 kilometer. Dengan kondisi tersebut, truk pengangkut sawit atau minyak, angkutan logistik, hingga angkutan penumpang akan lebih hemat waktu dan biaya.

Hingga saat ini, menurut Jokowi, sudah ada sejumlah investor yang berminat untuk menanamkan modal di sekitar jalan tol. Investasi tersebut seperti kawasan industri, perumahan, dan fasilitas pariwisata. "Ini membuka lapangan kerja lebih banyak bagi anak muda," ujar dia.

Jokowi meminta jajarannya untuk merespons minat investor dengan cepat sehingga masyarakat dapat menerima lebih banyak manfaat dari infrastruktur tersebut. Harapannya, jalan tol ini juga menjadi peluang usaha dan sarana pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement