HUT TNI Ke-75, Jokowi Apresiasi Peran Tentara Tangani Covid-19

Rizky Alika
5 Oktober 2020, 18:44
Taruna AAL tingkat III angkatan ke-67 menaiki tangga untuk mengikuti parade roll di atas KRI Bima Suci saat akan sandar di Dermaga Pangkalan TNI AL (Lanal) Caligi, Pesawaran, Lampung, Sabtu (3/10/2020). KRI Bima Suci akan sandar selama tiga hari di Lampun
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
Taruna AAL tingkat III angkatan ke-67 menaiki tangga untuk mengikuti parade roll di atas KRI Bima Suci saat akan sandar di Dermaga Pangkalan TNI AL (Lanal) Caligi, Pesawaran, Lampung, Sabtu (3/10/2020). KRI Bima Suci akan sandar selama tiga hari di Lampung untuk melaksanakan sejumlah kegiatan dalam mendukung latihan praktek (lattek) Kartika Jala Krida (KJK) 2020.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang turut berperan dalam menangani dampak pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan dalam Upacara Peringatan ke-75 Hari Ulang Tahun TNI Tahun 2020.

Jokowi menilai TNI cukup sigap membantu rakyat yang tengah menghadapi bencana alam serta pandemi Covid-19. "Terima kasih atas peran aktif TNI dalam penanganan dampak pandemi Covid-19 baik dalam disiplinkan penerapan protokol kesehatan maupun perawatan di rumah sakit TNI," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/10).

Mantan Walikota Solo itu menambahkan, dunia berubah sangat cepat dan dinamis. Oleh karena itu, transformasi organsasi TNI harus terus dilakukan sesuai dinamika geopolitik yang terjadi dan perkembangan teknologi militer.

Transformasi organisasi tersebut, lanjut Jokowi, harus didukung oleh transformasi teknologi dan para personel yang mengendalikan teknologi. Saat ini, reformasi industri keempat pun membuat teknologi militer semakin maju.

"Terus lakukan tranformasi teknologi dan manfaatkan lompatan di bidang teknologi informasi, teknologi nano, dan teknologi kecerdasan buatan," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyapa Kepala Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Kolonel Ckm. Khairul Ihsan Nasution. Khairul pun menyampaikan, RSKI Pulau Galang telah merawat 3.265 orang, sebanyak 1.206 orang di antaranya merupakan pasien Covid-19.

Pada hari ini, ada 210 orang yang tengah dirawat dari total ketersediaan sebanyak 360 tempat tidur. Dengan demikian, tingkat okupansinya rata-rata mencapai 80%

Khairul memastikan, hingga saat ini tidak ada pasien yang meninggal dunia. "Angka kematian nol," ujar dia. Adapun, prajurit yang melaksanakan tugas sebanyak 104 orang dalam keadaan sehat.

PASIEN COVID-19 RSKI GALANG SEMBUH
PASIEN COVID-19 RSKI GALANG SEMBUH (ANTARA FOTO/Pradanna Putra Tampi/Mnk/aww.)

Dalam upacara ini, Jokowi bertugas sebagai Inspektur Upacara (Irup). Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut hadir dalam upacara tersebut.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...