Lima Provinsi Catat Kenaikan Kematian Covid-19, Termasuk Jabar & Jatim

Rizky Alika
7 Oktober 2020, 13:29
Positivity rate kasus virus corona Covid-19 di DKI Jakarta masih terus meningkat. Dalam sepekan terakhir persentase kasus positif di ibu kota naik menjadi 13,1 persen.
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Positivity rate kasus virus corona Covid-19 di DKI Jakarta masih terus meningkat. Dalam sepekan terakhir persentase kasus positif di ibu kota naik menjadi 13,1 persen.

Penularan virus corona di Indonesia terus terjadi. Meski secara umum jumlah pasien yang sembuh meningkat, angka kematian di beberapa daerah juga terus bertambah.

Satgas Penanganan Covid-19 mencatat kasus kematian akibat Covid-19 masih terjadi peningkatan di lima wilayah. Pada 28 September-04 Oktober, kasus kematian di Jawa Barat meningkat 29% dibandingkan 21-27 September.

"Di Jawa Barat, trennya kematian meningkat tinggi sekali," kata Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah dalam konferensi pers virtual dari Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (7/10).

Untuk Jawa Timur, ia menyebutkan kasus kematian mengalami peningkatan tipis, yaitu 5,9% bila dibandingkan pekan sebelumnya. Kenaikan kasus kematian terjadi lantaran ada sumbangan dari beberapa kabupaten di luar Surabaya.

Selain itu, kenaikan kasus kematian pada 28 Sept-4 Oktober juga terjadi di Kalimantan Selatan, yaitu naik 25% dibandingkan pekan sebelumnya. Kemudian, lonjakan kasus kematian terjadi di Papua meningkat 187,5%.

Dewi mengatakan, angka kematian Covid-19 di Papua tidak terlalu tinggi dibandingkan provinsi lainnya. Namun, ada lonjakan kasus kematian secara tiba-tiba sehingga menyebabkan kenaikan yang pesat.

Ia pun menilai, kenaikan kasus meninggal di Papua perlu diwaspadai oleh pemerintah daerah. "Harus ditangani, apakah karena jumlah orang sakit banyak sehingga tenaga kesehatan dan rumah sakit harus dikerahkan agar tertangani," ujar dia.

Selanjutnya, kasus kematian akibat Covid-19 di Aceh juga meningkat 85% dibandingkan pekan sebelumnya. Sementara, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal di Sumatera Utara tidak mengalami perubahan dibandingkan pekan sebelumnya.

Sedangkan, kasus meninggal akibat virus corona telah mengalami penurunan di provinsi lainnya. Jumlah kematian di DKI Jakarta menurun 52,4%, Jawa Tengah turun 57,4%, Sulawesi Selatan turun 46,2%, dan Bali turun 2,6%.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...