Jokowi Tinjau Food Estate di Kalteng, Pemupukan Dilakukan dengan Drone

Rizky Alika
8 Oktober 2020, 13:34
Presiden Joko Widodo meninjau lahan yang akan dijadikan "Food Estate" atau lumbung pangan baru di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020). Pemerintah menyiapkan lumbung pangan nasional untuk mengantisipasi krisis pangan dunia.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Presiden Joko Widodo meninjau lahan yang akan dijadikan "Food Estate" atau lumbung pangan baru di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020). Pemerintah menyiapkan lumbung pangan nasional untuk mengantisipasi krisis pangan dunia.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke lumbung pangan atau food estate di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Jokowi pun berharap, lumbung pangan tersebut dapat menghasilkan komoditas yang terdiversifikasi, yaitu mulai dari padi, buah-buahan, hingga ikan.

"Kita harapkan hasilnya bukan hanya padi, tapi ada jeruk dan kelapa, plus bawang merah," kata Jokowi di lumbung pangan Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (8/10).

Ia pun telah menyaksikan adanya kombinasi komoditas. Sisi pinggir lumbung pangan yang berada di Kecamatan Pandih Batu telah ditanami jeruk, bawang merah, dan kelapa.

Kemudian, irigasi lumbung pangan tersebut digunakan untuk budidaya ikan keramba. Tak hanya itu, ada pula itik di lumbung pangan tersebut.

Mantan Walikota Solo itu mengatakan, model bisnis dalam skala kecil ini akan dilihat perkembangannya selama tiga hingga empat bulan ke depan. Bila berhasil, model bisnis tersebut akan ditiru di wilayah lainnya dengan lahan seluas 1.000 hektare (ha).

Saat ini, proses penggarapan lumbung pangan dilakukan dengan alat modern. Sebagai contoh, pemupukan dilakukan menggunakan drone, sementara pembajakan sawah memakai traktor apung dengan cakupan lahan hingga 2 hektare per hari.

Sebelumnya, pesawat kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden dan rombongan tiba di Bandar Udara Tjilik Riwut, Palangka Raya, sekitar pukul 09.10 WIB. Dari Bandara Tjilik Riwut, Presiden langsung melanjutkan perjalanan dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU menuju Kabupaten Pulang Pisau.

Dalam perjalanan menggunakan helikopter menuju Palangka Raya, Presiden sekaligus akan melakukan pemantauan dari udara lokasi lumbung pangan singkong di Kabupaten Gunung Mas.

"Ini hamparan yang sangat luas sehingga dibutuhkan mekanisasi alat modern sehingga kecepatan itu betul-betul ada," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...