Dinilai Efektif Atasi Corona, Sinar Mas Datangkan Obat Herbal Tiongkok

Kadin dan Sinar Mas telah mengumpulkan dana Rp 660 miliar yang didonasikan untuk penanganan Covid-19.
Pingit Aria
8 Oktober 2020, 18:45
Rapid test Covid-19 dengan sistem "drive thru" di BSD Xtreme Park Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (8/5/2020). Tes gratis ini merupakan program kemanusiaan Indonesia melawan Covid-19 yang dihadirkan oleh Sinar Mas Land dan Homecare24 dengan target lima
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
Rapid test Covid-19 dengan sistem "drive thru" di BSD Xtreme Park Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (8/5/2020). Tes gratis ini merupakan program kemanusiaan Indonesia melawan Covid-19 yang dihadirkan oleh Sinar Mas Land dan Homecare24 dengan target lima ratus orang setiap harinya.

Pandemi Covid-19 mengundang keprihatinan banyak kalangan, termasuk pengusaha. Sinar Mas Group misalnya, mendatangkan satu juta obat kapsul Lianhua Qingwen dari Tiongkok untuk disumbangkan bagi masyarakat.

"Kami sudah mendonasikan satu juta kapsul Lianhua dan sudah didistribusikan melalui Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), dan Institusi lainnya," kata Managing Director Grup Sinar Mas, Gandi Sulistiyanto dalam Forum Dialog dan Selebrasi 82 Tahun Sinar Mas yang digelar secara virtual, Kamis (8/10).

Menurutnya, obat ini dapat digunakan untuk mendukung penanganan Covid-19.

Dia menyebutkan sejak Mei 2020 lalu, Sinar Mas melalui Tzu Chi Palembang telah mendistribusikan bantuan tahap pertama berupa 8.000 box obat kepada Polda Sumatera Selatan. Kemudian bantuan tahap II diserahkan pada 26 Mei kepada Polda Sumatera Selatan sebanyak 4.000 box obat dan 1000 box ke beberapa rumah sakit.

Selain Sumatera, obat tersebut juga sudah disalurkan ke daerah Kalimantan sebanyak 400 box. Saat memperingati Hari Bhayangkara ke-74, Sinar Mas juga memberikan bantuan obat Lian Hua sebanyak 500 ribu box.

Bantuan obat ini, menurut Gandi, diutamakan bagi mereka yang berada di gugus depan dalam pelayanan masyarakat. Di antaranya, polisi, tentara, aparat pemerintah serta mereka terjun langsung ke masyarakat untuk pencegahan Covid-19 ini. “Kegiatan ini akan terus kami lakukan kedepannya untuk membantu saudara-saudara kami yang terkena dampak Covid-19," katanya.

Selain itu, Sulis menjelaskan bahwa sebelumnya Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Sinar Mas Group telah mengumpulkan dana Rp 660 miliar untuk didonasikan. Bantuan yang diberikan tersebut terdiri dari peralatan uji cepat atau Rapid Test, alat perlindungan diri (APD), ventilator, serta masker.

Linhua Qingwen

Lianhua Qingwen obat herbal Tiongkok disebut-sebut efektif mampu mengatasi Covid-19. Obat ini sangat terkenal di Negeri Tirai Bambu tersebut karena kerap digunakan untuk mengatasi gejala pilek, batuk, flu, demam, hingga kelelahan. 

Dilansir dari China News Service, Lianhua Qingwen disebut dapat menghambat replikasi virus Corona dalam sel yang mengalami infeksi Covid-19. Dari hasil penelitian, obat herbal ini dinilai dapat mengurangi penanda peradangan atau bersifat anti-inflamasi. 

Di Tiongkok, obat ini banyak digunakan untuk merawat pasien Covid-19. Yang terbaru, Pemerintah Kuwait telah menyetujui penggunaan Lianhua Qingwen untuk mengobati mereka yang tertular virus corona.

Ini adalah pertama kalinya Lianhua Qingwen mendapat izin dan digunakan untuk mengobati Covid-19 di luar Tiongkok. Meski, penggunaannya hanya dianjurkan bagi pasien dengan gejala ringan sampai sedang.

Lianhua Qingwen mengandung sejumlah ekstrak tumbuhan seperti Lonicera japonica, Pogostemon cablin dan Fructus forsythia yang dikenal berkhasiat. "Lianhua Qingwen telah disertifikasi oleh Administrasi Pendaftaran dan Pengendalian Farmasi dan Obat Herbal Kuwait untuk pengobatan gejala yang disebabkan oleh Covid-19," demikian pernyataan produsen obat Shijiazhuang Yiling Pharmaceutical.

 

Editor: Pingit Aria

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait