Daftar Tiga Jenis Vaksin Covid-19 yang Tersedia Bulan Depan

Pingit Aria
13 Oktober 2020, 15:59
Petugas medis mencatat data warga saat proses simulasi ujicoba vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/10/2020). Simulasi di puskesmas tersebut dilakukan setelah ditunjuk Kementerian Kesehatan sebagai salah satu lok
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Petugas medis mencatat data warga saat proses simulasi ujicoba vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/10/2020). Simulasi di puskesmas tersebut dilakukan setelah ditunjuk Kementerian Kesehatan sebagai salah satu lokasi pelaksanaan ujicoba vaksinasi COVID-19 dengan memastikan kesiapan mulai dari alur proses vaksinasi, tenaga kesehatan, observasi, penerapan protokol kesehatan dan jalur khusus ke Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Pemerintah menjanjikan vaksin Covid-19 akan mulai tersedia pada November 2020 mendatang. Pada tahap awal, 6,6 juta dosis vaksin akan didatangkan dari luar negeri.

Hingga Desember 2020, pemerintah menargetkan 30 juta dosis vaksin akan tiba. Kemudian, jumlahnya akan terus meningkat hingga tahun depan.

Advertisement

"Pengadaan vaksin sampai dengan kuartal ke IV (2021) disiapkan 271,3 juta,” kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto, Senin (13/10).

Di antara perusahaan perusahaan farmasi yang telah berkomitmen untuk mengirim vaksin ke Indonesia tahun ini adalah Cansino dan Sinovac dari Tiongkok, kemudian ada juga Sinopharm/G42 yang merupakan hasil kolaborasi Tiongkok-Uni Emirat Arab.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga telah mengantongi komitmen untuk pengadaan hingga 100 juta dosis dari Astra Zeneca, Inggris. Vaksin ini akan mulai didatangkan pada tahun depan.

Sementara itu, jumlah kasus baru Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Berkut datanya di Databoks:

Berikut adalah daftar vaksin yang akan tersedia di Indonesia mulai November 2020:

1. Sinovac

Perusahaan bioteknologi asal Tiongkok, Sinovac, mengembangkan vaksin Corona dengan metode inaktivasi. Artinya, vaksin diproduksi dengan virus atau bakteri penyebab penyakit tertentu yang telah dilemahkan.

Vaksin corona Sinovac mulai melakukan uji klinis fase III di Indonesia pada 11 Agustus lalu, di Bandung, Jawa Barat. Pelaksanaan uji klinis fase III kandidat vaksin ini dikerjakan oleh peneliti dari Universitas Padjadjaran dan Biofarma.

Harga vaksin ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto adalah antara US$10-US$20. Maka, jika dirupiahkan, nilainya antara Rp 148 ribu hingga Rp 296 ribu.

Sebanyak 3 juta dosis vaksin akan didatangkan antara November hingga akhir Desember 2020. Sinovac berkomitmen mengirimkan 1,5 juta dosis vaksin (single dose vials) pada minggu pertama November dan 1,5 juta dosis vaksin (single dose vials) lagi pada minggu pertama Desember 2020.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement