Grup Sinar Mas Donasikan Obat Herbal Lian Hua bagi Pekerja Media

Sebanyak 3.600 paket obat herbal akan dibagikan kepada jurnalis di bawah naungan AMSI di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB.
Pingit Aria
13 Oktober 2020, 18:43
Rapid test Covid-19 dengan sistem
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
Rapid test Covid-19 dengan sistem "drive thru" di BSD Xtreme Park Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (8/5/2020). Tes diagnostik cepat gratis ini merupakan program kemanusiaan Indonesia melawan COVID-19 yang dihadirkan oleh Sinar Mas Land dan Homecare24.

Sinar Mas Group mendonasikan obat herbal Lianhua Qingwen bagi jurnalis melalui Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Sebelumnya, Sinar Mas mendatangkan satu juta kapsul Lianhua Qingwen dari Tiongkok yang dinilai efektif mengatasi gejala Covid-19.

Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin menyatakan, pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak masyarakat membuat informasi dari media daring menjadi referensi utama. Sedangkan, aktivitas reportase menjadi semakin menantang bagi para jurnalis karena berisiko tertular virus corona.

Alasan itu yang melatarbelakangi donasi obat herbal bagi para jurnalis. “Agar mampu menjalankan perannya dengan otimal, kesehatan dan kebugaran yang terjaga sangatlah penting di masa seperti ini,” ujar Saleh Husin, Selasa (13/10).

Ia menyerahkan donasi lebih dari 3.600 paket obat herbal secara simbolis Ketua AMSI Wenseslaus Manggut. Para pengurus pusat, wilayah dan anggota AMSI dari berbagai provinsi turut menyaksikan secara virtual.

Obat herbal itu akan dibagikan kepada para jurnalis di bawah naungan AMSI yang berada di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Sebagai gambaran, berikut adalah Databoks berisi grafik penularan Covid-19 di Indonesia:

Penyaluran obat herbal Lian Hua berawal dari inisiatif Chairman Sinar Mas Agribusiness & Food, Franky O. Widjaja dan Chairman Sinar Mas Pulp & Paper Product, Teguh Wijaya. Donasi ini merupakan lanjutan kegiatan Sinar Mas bersama Yayasan Buddha Tzu Chi dalam Pengusaha Peduli NKRI.

Sejak Maret hingga kini, mereka telah menyerahkan paket bantuan bagi 293 institusi serta 1.073 rumah sakit maupun puskesmas yang tersebar di DKI Jakarta hingga 26 provinsi lainnya di Indonesia.

Ketua AMSI Wenseslaus Manggut menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian Sinar Mas terhadap kerja jurnalis dan pekerja media pada umumnya. Menurutnya, pekerja media saat ini menghadapi tantangan yang sangat berat, menyampaikan informasi yang akurat, kredibel dan faktual. Di sisi lain, tuntutan untuk liputan langsung dari lokasi-lokasi sumber Berita membawa ancaman keselamatan atas dirinya.

Ia menyatakan, AMSI sangat peduli dengan keselamatan pekerja media. Apalagi kami di media online dituntut untuk menyajikan informasi dengan cepat dan akurat, membuat jurnalis sering abai atas keselamatan dan keamanan dalam menjalankan tugas. “Donasi herbal Lian Hua ini sangat membantu kami, melindungi para pekerja media apabila tertimpa musibah,” kata Kaka Wens, demikian ia sering dipanggil.

Lebih lanjut, Wenseslaus terus mengimbau kepada pimpinan dan pekerja media untuk terus mematuhi protokol Kesehatan, baik selama di kantor, liputan lapangan maupun aktifitas lainnya. Sebab, pekerja media umumnya memiliki mobilitas tinggi.

Selama vaksin belum ditemukan, protokol kesehatan dengan Gerakan 3M harus dijalankan secara ketat. “Memakai masker, menjaga jarak, mengindari kerumuman jarak sangat dekat dan kebersihan seperti mencuci tangan ini sudah harus menjadi kebiasaan, perilaku kita sehari-hari,” kata Wens.

AMSI memiliki jumlah anggota 332 media digital yang tersebar di 21 propinsi seluruh Indonesia, dari Aceh sampai Papua. Berdiri sejak tahun 2017, AMSI bertujuan untuk mewujudkan kemerdekaan pers, meningkatkan profesionalisme, dan bisnis media siber yang adaptif terhadap perkembangan teknologi. AMSI telah terdaftar sebagai organisasi perusahaan media online konstituen Dewan Pers.

Donasi Sinar Mas untuk Jurnalis
Donasi Sinar Mas untuk Jurnalis (Katadata/Metta Dharmasaputra)

 

Lianhua Qingwen

Lianhua Qingwen obat herbal Tiongkok disebut-sebut efektif mampu mengatasi Covid-19. Obat ini sangat terkenal di Negeri Tirai Bambu tersebut karena kerap digunakan untuk mengatasi gejala pilek, batuk, flu, demam, hingga kelelahan. 

Dilansir dari China News Service, Lianhua Qingwen disebut dapat menghambat replikasi virus Corona dalam sel yang mengalami infeksi Covid-19. Dari hasil penelitian, obat herbal ini dinilai dapat mengurangi penanda peradangan atau bersifat anti-inflamasi. 

Di Tiongkok, obat ini banyak digunakan untuk merawat pasien Covid-19. Yang terbaru, Pemerintah Kuwait telah menyetujui penggunaan Lianhua Qingwen untuk mengobati mereka yang tertular virus corona.

Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Video Pilihan

Artikel Terkait