Kasus Covid-19 Meledak Setelah Pemilu, Malaysia Kembali Jalankan PSBB

Pingit Aria
14 Oktober 2020, 14:13
Sejumlah WNI memakai masker antre untuk masuk ke dalam di Kedutaan Besar Republik Indonesia, di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (3/8/2020). Pemerintah Malaysia mengumumkan mulai 1 Agustus masker wajib dipakai di dalam semua transportasi pengangkutan umum,
ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman/hp.
Sejumlah WNI memakai masker antre untuk masuk ke dalam di Kedutaan Besar Republik Indonesia, di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (3/8/2020). Pemerintah Malaysia mengumumkan mulai 1 Agustus masker wajib dipakai di dalam semua transportasi pengangkutan umum, tempat umum, serta tempat wisata untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19. JIka tidak mematuhi peraturan ini dikenakan denda Rp.3 juta (RM1,000) menurut Akta 342 (Akta Pencegahan dan Pengawalan Penyakit Berjangkit 1988).

Malaysia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang lebih dulu pulih dari pandemi Covid-19. Di Negeri Jiran, masyarakat sudah bisa leluasa beraktivitas di luar rumah, bahkan berlibur keluar daerah, kecuali Sabah.

Kasus Covid-19 di Sabah melonjak tajam setelah pemilu. Berikut grafiknya di Databoks:

Malaysia akhirnya kembali memberlakukan Perintah Kawalan Pergerakan Bersyarat (PKPB) di Sabah. Kebijakan itu mirip seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Indonesia.

"Pembatasan baru berlaku mulai Rabu (14/10) hingga setidaknya selama 2 pekan di Kuala Lumpur, Selangor, dan ibu kota pemerintahan Putrajaya," kata Menteri Pertahanan Ismail Sabri Yaakob, dikutip AFP.

Mulai hari ini, sekolah dan rumah ibadah akan ditutup. Warga hanya diizinkan meninggalkan rumah untuk keperluan penting, seperti berbelanja. Semua kegiatan olahraga dan rekreasi lainnya juga akan dilarang.

Meski begitu, sebagian besar bisnis masih diizinkan beroperasi. Pasalnya, pemerintah berupaya melindungi ekonomi yang sudah diperjuangkan untuk pulih dari pembatasan sebelumnya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...