Kemenhub Buka Kemungkinan Pesawat Terbang dengan Kapasitas Penuh

Pingit Aria
14 Oktober 2020, 18:40
Sejumlah armada pesawat Lion Air Group terparkir di Apron Terminal 1 C Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (30/4/2020).
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Sejumlah armada pesawat Lion Air Group terparkir di Apron Terminal 1 C Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (30/4/2020).

Pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir dengan penambahan kasus baru di kisiaran 4.000 per hari. Namun, Kementerian Perhubungan membuka kemungkinan untuk menaikkan batas kapasitas pesawat terbang dari maksimal 70% menjadi 100%.

Ya, jika kondisi memungkinkan, pesawat dapat diizinkan terbang dengan kapasitas penuh. Syaratnya, kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan telah meningkat.

Advertisement

"Ke depan tentu saja (kapasitas penumpang) tidak dibatasi 70%, kita bisa juga 100% seperti di luar negeri," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto Rahardjo dalam acara pembekalan calon wisudawan Program Pascasarjana UGM yang dipantau secara daring di Yogyakarta, Rabu (14/10).

Ia mengatakan saat ini Kemenhub bersama Kemenkes dan Satgas Penanganan Covid-19 masih menetapkan kuota penumpang per perjalanan maksimal 70% dari total kursi yang tersedia. Kebijakan ini diambil memungkinkan penumpang menjaga jarak atau physical distancing di dalam kabin.

Meski demikian, Novie mengakui bahwa sesuai standar internasional tidak ada pemberlakuan pembatasan kapasitas penumpang pesawat. Di sejumlah negara, khususnya di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat juga tidak memberlakukan pembatasan tersebut.

"Tetapi karena di Indonesia ini kan cukup hati-hati. Secara psikologis kalau kita berikan batasan physical distancing dalam kabin, masyarakat kita akan yakin," kata dia.

Sejumlah negara merasa tidak perlu memberlakukan pembatasan kapasitas penumpang, karena menurut dia, pemeriksaan dilakukan dengan rigid. Saat check-in misalnya, calon penumpang harus menunjukkan bukti negatif Covid-19.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement