Ada Vaksin, Jokowi Pastikan RI Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Rizky Alika
20 Oktober 2020, 14:51
Petugas melakukan perawatan rutin di tribun Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (28/6/2020). Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang menjadi salah satu dari enam stadion yang ditunjuk Persatuan Sepak Bola Seluruh
ANTARA FOTO/Feny Selly/foc.
Petugas melakukan perawatan rutin di tribun Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (28/6/2020). Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang menjadi salah satu dari enam stadion yang ditunjuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 Mei-Juni 2021 mendatang.

Presiden Joko Widodo meyakinkan Indonesia aman menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U20 pada 2021. Pemerintah akan mengupayakan vaksinasi dapat dilakukan sebelum acara. Namun, protokol kesehatan Covid-19 tetap dilaksanakan sebagai langkah antisipasi.

Jumlah penonton dalam pertandingan sepak bola itu akan dibatasi. "Kami harap Mei dan Juni sudah bisa ditonton dengan kapasitas setengah atau tebatas dari kapasitas stadion," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali usai mengikuti rapat terbatas dengan Jokowi secara virtual, Selasa (20/10).

Bagaimanapun, kapasitas jumlah penonton akan bergantung dari keputusan Satgas Penanganan Covid-19 dan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Menurutnya, FIFA juga akan melakukan supervisi dalam penerapan protokol kesehatan.

Di sisi lain, pemerintah akan mengupayakan vaksin Covid-19 telah terdistribusi secara merata pada Mei 2021. Hal ini juga akan menjadi penentu penerapan protokol kesehatan saat gelaran dua tahunan tersebut.

Ia menambahkan, Jokowi telah menyepakati peniadaan seremoni pembukaan dan penutupan FIFA U20. Hal ini sesuai dengan permintaan FIFA yang menginginkan pembukaan pertandingan hanya berupa pidato berdurasi 5-8 menit.

Dengan demikian, pembukaan hanya ditandai dengan pidato dari pihak pemerintah dan pihak FIFA, kemudian dilanjutkan dengan pertandingan pertama.

"Kita hanya tuan rumah. Jadi segala sesuatu atas persetujuan FIFA," ujar Jokowi, seperti dikutip dari keterangan pers.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...