Prabowo Temui Menhan Austria, Incar 15 Jet Eurofighter

Rizky Alika
20 Oktober 2020, 17:22
Pesawat tempur Eurofighter Typhoon
Eurofighter Documentation
Pesawat tempur Eurofighter Typhoon

Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen (Purn) Prabowo Subianto menemui Menhan Austria Klaudia Tanner di Kantor Kementerian Pertahanan Austria, Wina pada Selasa (20/10) pagi. Pertemuan tersebut untuk membahas potensi jual beli 15 jet Eurofighter Typhoon.

Pesawat yang sudah tidak digunakan oleh Angkatan Udara Austria itu rupanya diminati oleh pemerintah Indonesia.

Advertisement

Media terkemuka Austria, Der Standard melaporkan, pertemuan tersebut berlangsung selama satu jam tanpa jabat tangan di hadapan kamera. Hal itu bukan untuk menghindari kontak fisik demi mencegah penularan Covid-19.

Seorang pejabat di Kementerian Pertahanan Austria menyatakan bahwa pertemuan dingin itu karena Prabowo masih dianggap memegang peran sentral di militer era kedikatoran Presiden Suharto.

Prabowo pun dikabarkan tengah menjalani tur Eropa serta tertarik dengan jenis pesawat lain, yaitu Rafale (Prancis) dan Gripen (Swedia). Berikut adalah Databoks yang menggambarkan anggaran pengadaan Alutsista untuk matra darat, laut dan udara TNI dari 2015-2020:

Sebelumnya, sejumlah kritik dilayangkan kepada pemerintah Austria. Juru bicara pertahanan Partai NEOS (Das Neue Österreich und Liberales Forum) Douglas Hoyos mengatakan, menjual Eurofighter ke Indonesia bukan solusi atas tuduhan korupsi dalam pembelian jet tersebut.

Selain itu, lanjut dia, perlu dipastikan terlebih dahulu apakah Indonesia merupakan mitra negosiasi yang tepat lantaran masalah hak asasi manusia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement