AS Cetak Rekor Kasus Covid-19 Tertinggi Dunia, Tembus 100 Ribu Sehari

Pingit Aria
31 Oktober 2020, 17:53
Hannah McKay Seseorang dengan topeng Presiden AS Donald Trump berada diantara pendukung Trump yang tiba di sebuah reli di Lancaster, Pennsylvania, Amerika Serikat, Senin (26/10/2020).
ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay/FOC/dj
Hannah McKay Seseorang dengan topeng Presiden AS Donald Trump berada diantara pendukung Trump yang tiba di sebuah reli di Lancaster, Pennsylvania, Amerika Serikat, Senin (26/10/2020).

Amerika Serikat mencatat angka tertinggi untuk jumlah kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi dalam satu periode 24 jam pada Jumat (30/10). Jumlah laporan kasus harian yang mencapai 100.233 kemarin merupakan rekor dunia dalam pandemi global ini.

Sebelumnya, rekor kasus positif Covid-19 harian tertinggi dipegang oleh India dengan angka 97.894 kasus pada September 2020 lalu. Sedangkan angka kasus harian tertinggi di AS sebelumnya terjadi pada Kamis (29/10) sebanyak 91.834 kasus.

Advertisement

Sebanyak lima kali dalam sepuluh hari terakhir, Amerika Serikat telah melampaui rekor jumlah kasus harian sebelumnya, yakni 77.299 kasus yang tercatat pada Juli 2020. Jumlah infeksi harian yang dilaporkan selama dua hari terakhir menunjukkan bahwa AS sekarang melaporkan lebih dari satu kasus baru setiap detik.

Lonjakan tersebut terjadi hanya empat hari menjelang pemilihan presiden AS antara dua calon, Donald Trump dan Joe Biden pada hari Selasa, 3 November 2020. Pandemi Covid-19, yang telah menewaskan hampir 230.000 orang di negara tersebut, telah mendominasi pemberitaan pada masa akhir kampanye.

AS melewati angka 9 juta kasus kumulatif pada hari Jumat. Angka itu mewakili hampir 3% dari populasi, menurut penghitungan Reuters dari data yang dilaporkan secara publik.

Pada hari Jumat, 16 negara bagian AS melaporkan infeksi virus corona harian tertinggi, sementara tiga belas negara bagian berada mencapai tingkat tertinggi dalam jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement